jump to navigation

Maret 16, 2009

Posted by jrki in Uncategorized.
trackback

Lonching Radio Komunitas Perempuan

HAPSARI FM :

“Suara Perempuan, Suarakan di Sini”

Sudah sejak Tahun 1998 HAPSARI (Himpunan Serikat Perempuan Indonesia) Sumatera Utara menggunakan Siaran Radio sebagai Media Pendidikan untuk Penguatan Perempuan. Bahkan di tahun 1999 pernah menyiarkan program Perempuan dan Politik untuk Pemilu 1999 di 30 Stasiun Radio di Sumatera Utara, atas dukungan dari Yappika dan The Asia Foundation Jakarta. Program Siaran Radio terus berjalan, antara lain bekerjasama dengan Radio Deutsche Welle Jerman, melalui Ibu Lena Simanjuntak Mertes, bahkan sampai saat ini.Tahun 2000, Pendiri dan Pimpinan HAPSARI (waktu itu Ibu Lely Zailani) mendapat Penghargaan Internasional dari Ashoka Internasional yang berkantor di Washington, sebagai Inovator Penguatan Politik Perempuan melalui kerja pengorganisasian perempuan yang dilakukan dengan media radio komunitas, meskipun radio tersebut kemudian dibreidel oleh pemerintah orde baru.

Dua tahun berikutnya (tahun 2002) HAPSARI mendapat dukungan pendanaan dari Global Fund for Women, dan menanamkan saham di Radio TSM Lubuk Pakam, sehingga mempunyai jam siaran setiap hari untuk acara BERANDA (Berani Bicara Beda) dan NGOPI (Ngobrol Pagi Ini).

Kini, pada saat HAPSARI memasuki usia ke-19 tahun (1990 – 2009) akhirnya cita-cita agar perempuan punya radio sendiri tercapai sudah. Hari ini kita memperkenalkan kepada semua anggota yang hadir, stasiun radio siaran yang bekerja di frequensi 107,7 FM HAPSARI FM akan segera mengudara, dengan semboyan : ”Suara Perempuan Suarakan di Sini”

Begitulah kata sambutan yang disampaikan oleh Ibu Hariani, KetuaDewan Pengurus Serikat Perempuan Independen (SPI) SerdangBedagai dalam acara Lounching Radio Komunitas Perempuan HAPSARI FM tanggal 8 Maret 2009 lalu di Lubuk Pakam, dihadapan187 orang peserta utusan dari serikat perempuan kabupaten DeliSerdang dan kabupaten Serdang Bedagai yang diantara mereka(250 orang) menandatangani pernyataan sebagai pendiri RadioKomunitas Perempuan tersebut.

Untuk sementara ini, Radio Komunitas HAPSARIFM barumengudara mulai jam 09.00 – 18.00 WIB. Kita masih menyusunprogram yang cocok dengan kebutuhan perempuan, danmenyiapkan daftar giliran siaran dari serikatserikat perempuan anggota HAPSARI,” demikian penjelasan Ratna Yunita (dari SPI Deli Serdang) yang menjadi Direktur Siaran.

Lonching Radio Komunitas Perempuan itu dilaksanakan sekaligus memperingati Hari Perempuan Sedunia, yang diisi denganserangkaian kegiatan yaitu ; Lomba Pidato Perempuan dengantema Perempuan Bicara dan Pembukaan Kongres III SerikatPerempuan Independen (SPI) kabupaten Deli Serdang.

LombaPidato yang diikuti oleh 92 orang peserta (seluruhnya perempuan) dari desa-desa anggota HAPSARI itu dimenangkan oleh Suriani,dari Serikat Perempuan Petani dan Nelayan (SPPN) di kecamatan Pantai Cermin.***(Ita)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: