jump to navigation

PERNYATAAN SIKAP April 29, 2008

Posted by jrki in Uncategorized.
trackback

1 Mei: hari perlawanan seluruh rakyat pekerja untuk mencapai kesejahteraan!!!

Salam rakyat pekerja,

Hanya dalam hitungan hari, gerakan reformasi yang ditandai dengan jatuhnya rezim Orde Baru Soeharto pada tanggal 21 Mei 1998 sudah akan berusia 10 tahun. Reformasi, pernah memunculkan harapan-harapan baru akan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Namun kesejahteraan yang telah diimpikan oleh rakyat Indonesia semenjak reformasi, sampai saat ini tidak kunjung datang. Kehidupan rakyat Indonesia semakin terpuruk dengan naiknya harga-harga kebutuhan pokok, pengangguran yang semakin tinggi, upah murah, mahalnya biaya pendidikan, mahalnya biaya pelayanan kesehatan dan permasalahan lainnya yang semakin mencekik rakyat Indonesia.


Keterpurukan atas kehidupan rakyat Indonesia tentu saja tidak bisa dilepaskan dari berbagai kebijakan yang dimunculkan para penguasa, baik di pemerintahan maupun parlemen. Penguasa yang dipilih oleh rakyat Indonesia melalui Pemilu, justru tidak pernah melindungi rakyat yang telah memandatkan nasibnya sejak masa kampanye. Nyaris seluruh kebijakan dalam 10 tahun ini, hanya mencerminkan nafsu kepentingan para pemilik modal asing maupun domestik. Karena jelas, sebagian besar pemimpin di Indonesia berasal dari kalangan pemilik modal. Lihat saja, siapa yang gembira dengan program privatisasi di perusahaan-perusahaan negara (BUMN) dan dunia pendidikan, peraturan mengenai ketenagakerjaan yang menghasilkan sistem kerja kontrak dan outsourcing serta upah murah dan lain sebagainya.

Kekuasaan negara selama 10 tahun ini, telah berhasil mengantarkan rakyat Indonesia ke dalam alam penjajahan gaya baru — Neokolonialisme. Sementara segala janji-janji yang dikampanyekan pada saat Pemilu tidak pernah terbukti dan hanyalah omong kosong. Maka sudah saatnya rakyat Indonesia tidak mempercayai kembali orang-orang dan partai politik yang saat ini berkuasa dan mendapatkan kursi di parlemen. Karena dari seluruh partai politik yang memiliki kursi di parlemen, ternyata tak satu pun yang berhasil membuktikan mampu membela kondisi peri kehidupan rakyat Indonesia..Sudah saatnya rakyat Indonesia mengambilalih kekuasaan yang selama ini rakyat percayakan dan TIDAK menggantungkan lagi harapan dan nasib kita selama 5-6 tahun ke depan pada orang-orang dan partai politik seperti ini..

Terkait dengan mandat reformasi 10 tahun lalu yang berlandaskan pada semangat perubahan untuk kedaulatan dan kebebasan, maka Rakyat Indonesia sudah harus mencari alternatif solusi dari segala permasalahan akibat krisis dan kegagalan pembangunan kapitalisme selama ini dan mencari jalan keluarnya untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan rakyat. Gagasan politik Keadilan Sosial atau Sosialisme merupakan sebuah alternatif yang harus diperjuangkan oleh rakyat Indonesia. Dalam gagasan sosialisme, rakyat pekerja dilindungi dari ganasnya eksploitasi sistem kerja kontrak dan outsorcing di dunia ketenagakerjaan. Dengan sosialisme, maka pendidikan harus gratis, ilmiah dan demokratis. Dengan sosialisme maka keserakahan pasar bebas tidak lagi berkuasa mutlak menentukan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok rakyat. Dengan sosialisme, tidak boleh ada lagi upah buruh/pekerja yang murah. Gagasan politik sosialisme adalah amanat penderitaan rakyat.

Untuk memperjuangkan sosialisme dibutuhkan perjuangan dan kesadaran, maka tentunya dibutuhkan sebuah persatuan gerakan rakyat yang besar. Dengan kesadaran dari seluruh rakyat Indonesia untuk memperjuangkan nasibnya demi mencapai kesejahteraan, maka hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Sebagai awalan, 1 Mei yang merupakan hari buruh internasional dapat menjadi suatu ajang konsolidasi dan memperlihatkan kekuatan rakyat yang besar dan terorganisir kepada para penguasa yang hanya mementingkan kepentingan para pemilik modal.

Maka dari itu, kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP) menyatakan sikap:

  1. Kepada seluruh rakyat Indonesia untuk menyatukan dan merapatkan dirinya ke dalam barisan massa aksi 1 MEI (MAYDAY) yang dipimpin kawan-kawan buruh yang sudah bertekad akan mengepung istana..
  2. Kepada seluruh rakyat Indonesia untuk menjadikan momentum yang terjadi di bulan Mei (mulai tanggal 1 Mei sampai tanggal 21 Mei) sebagai agenda persatuan perjuangan rakyat Indonesia. Mari kawan, kita tegaskan gerakan Reformasi untuk perubahan yang sejati belum selesai!.
  3. Kepada seluruh rakyat Indonesia untuk tidak mempercayai penguasa dan pemimpin saat ini yang berkuasa, baik di pemerintahan dan parlemen. Jangan gunakan hak suara dalam PEMILU 2009, bila hanya untuk memperkuat kekuasaan negara yang justru lebih memilih menjual diri pada modal asing dan tak pernah memenuhi kewajibannya untuk menjamin perlindungan sosial dan mensejahterakan rakyat Indonesia.
  4. Alternatif dari seluruh permasalahan rakyat dan bangsa Indonesia saat ini adalah dengan mengusung keadilan sosial atau SOSIALISME, dimana rakyat dapat mencapai kesejahteraan dan kemerdekaan yang sejati dan tidak ditindas oleh kepentingan modal.

Jakarta, 24 April 2008

Komite Pusat Perhimpunan Rakyat Pekerja

Sekretaris Jenderal

Irwansyah


Komite Pusat
Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP)

JL Gading Raya gg Gading IX No 12 Pisangan Timur, Jakarta Timur
Telp : (021) 93094075
Fax: (021) 47881632
Email : prppusat@gmail.com
prppusat@yahoo.com
Blogsite : rakyatpekerja.blogspot.com
Website : www.prp-indonesia.org

Komentar»

1. IMAS NURHAYANI, SE - Juli 17, 2008

SALAM KENAL.
Dengan FRONT KOMUNITAS INDONESIA SATU (FKI-1), Ormas Independen. Untuk lebih mengetahui kegiatan dan AD/ART FKI-1 dapat dilihat di Website:www.apindonesia.com.
Terima Kasih. Imas Nurhayani,SE
Sekretariat:Gd.Dewan Pers. Lt.5. Jl. Kebon Sirih No:32-34 Jakarta Pusat. Telp:0213503349, 3864167, 0818798586. Email:satufki@gmail.com.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: