jump to navigation

PERNYATAAN SIKAP April 14, 2008

Posted by jrki in Berita, Uncategorized.
trackback

PERNYATAAN SIKAP

PERHIMPUNAN RAKYAT PEKERJA

Negara harus mengangkat tenaga honorer menjadi menjadi CPNS !!!

Tolak Sistem Kerja Kontrak dan Outsourcing !!!

Salam rakyat pekerja,

Harapan tenaga honorer di Departemen Keuangan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali tidak menentu. Tentu saja harapan tersebut menjadi sangat wajar, karena tenaga honorer telah bekerja sudah sangat lama, yaitu mulai dari 3 tahun sampai 27 tahun. Bahkan sempat Negara mencanangkan program pemerintah dalam PP No 48 tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil jo PP No 43 tahun 2007 tentang Perubahan PP No 48 tahun 2005. Dalam program pemerintah tersebut dicanangkan agar pada tahun 2009, seluruh tenaga honorer yang memenuhi syarat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Kebijakan ini pun kemudian diperkuat dengan dikeluarkannya surat dari Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (MenegPAN) bernomor R.24/M.PAN/8/2006 pada tanggal 16 Agustus 2006. Surat tersebut merekomendasikan kepada para Menteri agar tenaga honorer di berbagai departemen diangkat menjadi CPNS. Dasar rekomendasi tersebut dikarenakan para tenaga honorer yang telah berusia kritis (46 tahun) dan masa kerja tenaga honorer yang lebih dari 5 tahun.

Kemudian untuk memperkuat rekomendasi sebelumnya, pada tanggal 4 Oktober 2006, MenegPAN mengeluarkan Ketetapan No Kep 169/M.PAN/2006 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil secara Nasional Tahun Anggaran 2006. Dalam Ketetapan MenegPAN tersebut dinyatakan rencana alokasi formasi tenaga honorer untuk Departemen Keuangan adalah berjumlah 1.748 orang.

Namun sejak April 2007, ternyata Menteri Keuangan justru memberhentikan tenaga honorer secara bertahap. Pemberhentian tenaga honorer tersebut dimulai dari kantor wilayah Jabodetabek. Tentu saja hal ini sangat bertentangan dengan Ketetapan MenegPAN yang telah dikeluarkan sebelumnya. Bahkan rencananya beberapa tenaga honorer di bagian teknis yang seharusnya diangkat menjadi CPNS, malah akan di-outsourcing-kan oleh Menteri Keuangan.

Tenaga honorer merupakan penerapan dari sistem kerja kontrak dan outsourcing yang saat ini sangat banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Sistem kerja kontrak dan outsourcing jelas sangat merugikan kaum buruh, karena dengan begitu tunjangan yang merupakan hak dari buruh tidak akan diperoleh ketika status buruh adalah buruh kontrak. Selain itu buruh kontrak dengan terpaksa akan menerima upah yang murah, karena lapangan pekerjaan yang sangat terbatas di Indonesia. Sehingga hal ini menyebabkan buruh di Indonesia akan menerima berapapun upah yang dibayar, walaupun tidak sesuai dengan beban kerja yang diberikan oleh para majikan dan standar gaji yang merugikan bagi kaum buruh.

Buruh kontrak/honorer dan outsourcing tidak akan pernah menyelesaikan masalah sistem kerja kontrak dan outsourcing tanpa bersatu dalam solidaritas dan aksi gerakan buruh yang konsisten hendak menghapus sistem kerja kontrak dan outsourcing. Untuk awal, sebenarnya gerakan buruh kontrak-honorer-outsourcing yang menolak sistem kerja kontrak dan outsourcing dapat bersatu dalam gerakan buruh memperingati Hari Buruh Internasional pada tanggal 1 Mei 2008 (Mayday). Dalam aksi gerakan buruh di Mayday nanti gerakan buruh harus menunjukkan tuntutan burhu kepada rejim kapitalis yang berkuasa, yaitu Menolak Sistem Kerja Kontrak dan Outsourcing.

Maka dari itu, kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP) menyatakan sikap:

  1. Rejim kapitalis Indonesia yang berkuasa tidak berpihak kepada rakyat Indonesia, karena menerapkan sistem kerja kontrak dan outsourcing yang terbukti hanya akan menyengsarakan rakyat Indonesia dan menguntungkan bagi para pengusaha atau pemilik modal.
  2. Penolakan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, terhadap pengangkatan/pemberhentian tenaga honorer di lingkungan Departemen Keuangan dan rencana men-outsourcing-kan beberapa tenaga honorer, menunjukkan bahwa Menteri Keuangan tidak mementingkan kesejahteraan para buruhnya yang telah bekerja dengan sangat lama.
  3. Seluruh buruh di Indonesia harus bersatu menolak sistem kerja kontrak dan outsourcing di Indonesia

Sistem kerja kontrak dan outsourcing bukan hanya dialami oleh para tenaga honorer di Departemen Keuangan, namun hal ini dialami oleh hampir seluruh buruh/pekerja di Indonesia. Sistem kerja kontrak dan outsourcing ini diciptakan oleh sistem Neoliberalisme yang saat ini dianut oleh Negara kapitalis Indonesia. Hanya dengan Sosialisme, maka sistem kerja kontrak dan outsourcing yang diciptakan dari sistem Neoliberalisme dapat dihancurkan. Karena jelas, sistem kerja kontrak hanya akan merugikan kaum buruh dan menguntungkan para pemilik modal/pengusaha. Dengan sosialisme, maka sistem kerja kontrak dan outsourcing yang telah merugikan kaum buruh akan dihancurkan.

Jakarta 10 April 2008

Komite Pusat Perhimpunan Rakyat Pekerja

Sekretaris Jenderal

Irwansyah


Komite Pusat
Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP)

JL Gading Raya gg Gading IX No 12 Pisangan Timur, Jakarta Timur
Telp : (021) 93094075
Fax: (021) 47881632
Email : prppusat@gmail.com
prppusat@yahoo.com
Blogsite : rakyatpekerja.blogspot.com
Website : www.prp-indonesia.org

Komentar»

1. MAX KAIKATUI - Juni 2, 2008

Saya Minta Supaya Kalau Ada Demo Lagi Kami yang Di PAPUA Juga Di Undang Supaya Kami juga Menyampaikan Rasa Kecewa Kalau Sampai Departemen Keuangan Tidak Menagangkat Kami Menjadi CPNS.

2. MAX - Juni 3, 2008

kami di PAPUA mendukung teman2 yang berdemostrasi, bila perlu kita buat lagi yang lebih besar kami juga di undang ke jakarta.
MAX : 081344723797

3. rony - April 23, 2009

kami yang ada dikalteng jg sangat mendukung bila ada lagi demo menuntut kebenaran kaum yg tertindas, walaupun kami sangat jauh dikabupaten terpencil yg sangguh ditugaskan demi sesuap nasi namun ditindas semena-mena oleh para penguasa. kami sangat mendukung penuh semua perjuangan kawan-kawan dijakarta.

4. yan - Juni 24, 2009

Ya Allah Bukakanlah Hatinya Bu Menkeu Biar dia berjalan di jalan yang lurus, Bu Honor depkeu Lebih Berkualitas dengan Pengalaman Kerja yang lebih lama


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: