jump to navigation

Rakom Di Sumatera Utara Mendirikan Jarkom-Su Melalui Kongres Di Sei Sijenggi Juli 5, 2007

Posted by jrki in Berita.
trackback

toba3.jpg toba2.jpg toba.jpg

Pada hari Sabtu, 16 Juni 1007 sejumlah pegiat Radio Komunitas di Sumatera Utara berkumpul di Desa Sei Sijenggi, Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Para pegiat Rakom ini berasal dari 10 Radio Komunitas yang sudah terdiri dari 12 Rakom yang  hadir untuk melakukan  pembentukan jaringan radio komunitas wilayah Sumatera Utara.

Pertemuan para pegiat Rakom yang diberi label “Kongres Pembentukan Jaringan Radio Komunitas Sumatera Utara” disingkat dengan JARKOM-SU merupakan lanjutan dari beberapa kali pertemuan yang dilaksanakan sebelumnya.

Gagasan untuk  mendirikan JARKOM-SU sebenarnya sudah terwacana pada tahun 2004 lalu, namun ketika itu jumlah Rakom yang sudah ada “on air” belum banyak, pada tahun 2005, KPID-SU bekerjasama dengan combine – ARRNET menggelar workshop membangun Rakom di Sumatera Utara, ketika itu sudah tercatat 6 Rakom yang berdiri.

Selanjutnya, pada bulan april 2007 saat dilaksanakan pelatihan dan sosialisasi pencegahan trafficking melalui iklan layanan masyarakat di Radio Komunitas kembali mengemuka gagasan untuk membentuk segera forum. Maka ditunjuklah tiga orang sebagai panitia pembentukan dan di bantu oleh Lembaga Prakarsa Masyarakat (LPM).

Rencana mendirikan wadah yang diberi nama JARKOM-SU menjadi kenyataan dengan ditetapkannya AD/ART, Program kerja, dan kepengurusan.

Kepengurusan terdiri dari majelis sebanyak 6 orang utusan dari Radio Komunitas, dan Badan Pengurus terdiri  :

  1. Ketua                    : Tohap Simamora (Rakom Langgiung, Simalungun)
  2. Sekretaris            : Oktavianus Sitio
  3. Bendahara          : ……(dari Rakom BBS, Medan )

Kepengurusan JARKOM-SU akan dilengkapi kordinator divisi

Berikut anggota JARINGAN RADIO KOMUNITAS SUMATERA UTARA HASIL KONGRES I Tgl 16 Juni 2007

No

Rakom

Alamat

Kontak

No. Hp

1

BBS

Jl. K.L Yos Sudarso Km 6,5 Maba, Medan

Adi Sihol M.TH

061-77026469

081329989396

2

DAS DELI FM

Jl. Brigjen Katamso Gg. Perwira Medan Maimun

Dewan Didi

081370181336

08126039748

3

DIAKONIA FM

Jl. Sisingamangaraja XII No. 87 Pematang Siantar

L. Pardede

0622-7042922

4

HOTLINE TAPANULI FM

Dusun Ingul Center Perdesaan, Desa Onan Runggu III,kec Sipahutar, Kab Tapanuli utara

Bonar Simajuntak

081.370029046

5

LANGGIUNG FM

Jl. Besar Haranggol-Tigaras, Sigunggung, Kec.Haranggol Horisan, Kab, Simalungun.

Jeksen Purba

Rikson Saragih

081370902858

081362403634

6

MITRA FM

Dusun, Tanjung Anom, Desa Tandem Hilar II Kec. Hamparan Perak, Kab. Deli Serdang

Nasib Riyadi

Bowo Sukirno

08136127366

085275057500

7

PELANGI SIBUNDONG FM

Jl. Letkol G.A Manullang Kompleks HKBP pargodungan, Dolok Sanggul, Kab. Humbang Hasundutan

Efendi Tp. Bolon

085276700300

8

RRT FM

Tanjung Morawa Cq. BBS

Minggu Saragih

081396811316

9

SAR FM

Dusun I Pasar V, Kel, Sei Sijenggi

Herman

Asriyadi

081375387260

08126549226

10

SULUH FM

Jl. Brigjend Rajiman Purba No. 137, Kel. Bukit Sofa, pematang Siantar

Oktavianus Sitio

081361411994

 Calon anggota :

No

Rakom

Alamat

Kontak

No. Hp

1

POWER FM

Jl. Kabanjahe No. 4 Saribudolok

Fenri Girsang

081361224711

2

BERASTAGI FM

Jl. Udara Gg. Terang No. 1 Berastagi, Kab Karo

Cici Ardhy

   

Tim redaksi : bulletin jrki

Contributor : tohap simamora (ketua jarkom-su)

Komentar»

1. tasnim - Januari 16, 2008

hallo rekan2 rakom se sumut,ada rakom di berastagi yang sampe skg belum bayar hutang pembelian perangkat pemancarnya sama saya dengan inisial radionya “B” ada nggak rekan2 yang mau bantu saya untuk memintanya? karna saya udah minta baik2 tapi nggak di lunasi sampe skg,trimssssssssssssssss

2. Tasnim Bukittinggi - Februari 11, 2008

Hallo Bang Cici Ardhy Brastagi FM kapan di lunasi HUTANG pemancarnya
yang tinggal separo lagi karena kami udah capek jauh jauh ke csana memasang pemancarnya tapi udah hampir 1 tahun belum di bayar

3. Tasnim Bukittinggi - Februari 11, 2008

Hallo Bang Cici Ardhy Brastagi FM kapan di lunasi HUTANG pemancarnya
yang tinggal separo lagi karena kami udah capek jauh jauh ke sana memasang pemancarnya tapi udah hampir 1 tahun belum di bayar tapi waktu kami datang lagi kesitu pemancarnya udah di acak acak,jadi kami mau minta ganti rugi,krn pemancarnya belum lunas
harusnya abang mikirlah sikit kami rela kesana dr Bukittinggi ke Brastagi Naik Sepeda motor hujan2 dan siang malam dalam perjalanan,tapi nggak di hargai,bahkan kami di sana nggak di openi,ternyata memang orang keling banyak yang manis mulut doang

4. syam a - Februari 21, 2008

rakit pemancar fm untuk rakom,hub.kami SAM BROADCAST di 085226140989

5. ANTO MONARIA FM PEKAN BARU - Maret 29, 2008

Rakitan pemancar fm untuk rakom, SAM BROADCAST di 085226140989,pemancarnya nggak bagus,jangan ambil sama dia krn nanti ke tipu,bagus ambil aja merek RVR keluaran USA punya atau STD China punya atau masih banya merek lain yg terjamin,di jamin bagus,dari SAM BROADCAST krn saya ada pesan sama dia tpi 1 bulan pake meledak karena,final pendorong nya sangat panas,dan trus frekwensinya sering bergeser karena PLL nya nggak mengunci dan nggak bisa di pake lewat dari 2 jam,jd klo ada yang mau ambil harus mikir 14 kali,krn harus tiap sebentar di perbaiki

6. ANTO MONARIA FM PEKAN BARU - Maret 29, 2008

udah trims atas tumpangan tempat teksnya

7. AWENK - April 16, 2008

Rakitan pemancar fm untuk rakom, SAM BROADCAST di 085226140989,pemancarnya nggak bagus,jangan ambil sama dia krn nanti ke tipu,bagus ambil aja merek RVR keluaran USA punya atau STD China punya atau masih banya merek lain yg terjamin,di jamin bagus,dari SAM BROADCAST krn saya ada pesan sama dia tpi 1 bulan pake meledak karena,final pendorong nya sangat panas,dan trus frekwensinya sering bergeser karena PLL nya nggak mengunci dan nggak bisa di pake lewat dari 2 jam,jd klo ada yang mau ambil harus mikir 14 kali,krn harus tiap sebentar di perbaiki,jd saya pun ada pengalaman sama SAM BROADCAST yg memang pemancarnya nggak bagus,jd klo ada yang minat hub.aja saya 081374277777

8. mul - Agustus 3, 2008

Rakitan pemancar fm untuk rakom, SAM BROADCAST di 085226140989,pemancarnya nggak bagus,jangan ambil sama dia krn nanti ke tipu,bagus ambil aja merek RVR keluaran USA punya atau STD China punya atau masih banya merek lain yg terjamin,di jamin bagus,dari SAM BROADCAST krn saya ada pesan sama dia tpi 1 bulan pake meledak karena,final pendorong nya sangat panas,dan trus frekwensinya sering bergeser karena PLL nya nggak mengunci dan nggak bisa di pake lewat dari 2 jam,jd klo ada yang mau ambil harus mikir 14 kali,krn harus tiap sebentar di perbaiki,jd saya pun ada pengalaman sama SAM BROADCAST yg memang pemancarnya nggak bagus,saya juga ke tipu tuh

9. iis - Agustus 28, 2008

Salam untuk semua Radio Komunitas di sumatra Utara

Saya mau menawarkan Rakom di SUMUT yang berminat untuk menyiarkan program berita Asia Calling, silakan hub saya.
Asia Calling adalah salah satu program berita produksi dari Kantor berita radio 68H (KBR68H) Jakarta. berita kami mengunakan Bahasa inggris dan bahasa Indonesia.
Ini berita kami berikan secara gratis, dengan syarat radio komunitas tersedia parabola atau bisa akses internet.
untuk melihat bentuk berita kami silakan lihat wesite kami.
http://www.asiacalling@kbr68h.com

Selamat untuk Rakom Cemara Sul-Tra yang baru bergabung bersama kami.

Salam,

Iis- Islamiati
Asia Calling Promotion
Jl. Utan Kayu No.68H
Jakarat 13120
Telp: 021. 851 3386 HP: 0812 1936 872
email: iisasiacalling@gmail.com
http://www.asiacalling@kbr68h.com

10. Debi - April 17, 2009

@ Tasnim Bukittinggi
Selama ini konsumen yg ketipu sama produsen. Kali ini kebalik ya, produsennya yg ketipu. Gak kebayang deh, Untuk rakom yg diatas kalau saya amati skil pengurus dan penyiarnya masih perlu dibenahi. saya terkadang memantau beberapa radio komunitas diatas. Penyiar-penyiarnya waduhh kacau, radionya mendengung tetap aja siaran, ada radio komunitas sistem rental sama pendengar. Pendengar yg minat siaran bayar perjamnya 3000 kacau banget deh. Jadi ingat rental PS.

11. Debi - April 17, 2009

Rakom diatas ada yg tidak eksis lagi, alias bangkrut. dengar-dengar pengurusnya gak kompak.

12. Debi - April 17, 2009

@ Anto Monaria FM
Radio anda group KArdopa Medan ya..
Tidak semua pemancar rakitan lokal yg bermasalah, tergantung kemampuan seseorang merakit dan jga pemilihan spare parts yg bagus.
Pemancar Built Up semisal RVR sangat mahal dan partsnya sangat susah diperoleh. Perbandingan harga juga sangat jauh beda RVR 30 Watt aja 25Jt sedangkan rakit local hanya 3jt aja. suku cadang terjamin dan radio tetap eksis.

13. Debi - April 17, 2009

Pemancar dan alat Siaran Buatan AIRCOM sangat bagus dari segi tampilan dan Kwalitasnya juga harganya yg murah. Hanya saja kalau pemancar anda rusak siap2lah untuk membeli yang baru, karena nomor parts Komponen-komponennya DIHAPUS dengan cara di amplas sama Pak Dwi Hartanto. Teknisi tidak dapat mengganti parts yg rusak,. Saran saya hati-hati dalam membeli, anda gak mau kan pemancar anda sekali rusak akhirnya menjadi barang rongsokan.

14. Adit saigayo - Mei 25, 2009

Ada yg bisa kasih info ke saya, tntang syarat2 perizinan RAKOM, biaya, daya maximum tx dll?.
Sy tggu informasinya di ” lessai8adytronic@gmail.com “.
Trmksh

15. syam a - Juli 19, 2009

Assallam..mohon permisi,sejujurnya sam broadcast selama ini tidak pernah punya costumer yang namanya anto pekanbaru,awenk,mul.kalaupun pemancar costumer sam broadcast trouble maka pihak sam broadcast bertanggung jawab untuk service garansi,demikian pernyataan ini saya buat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya,atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih..Wassallam

16. Frangky - Juli 23, 2009

Hallo Penggemar dan pengelola Radio FM
Apa bila berminat untuk membuka usaha siaran Radio – FM
Maka kami bisa membantu untuk merealisasikan bidang usaha Radio FM tersebut.
Kami dapat membuatkan sampai siap on air ( seluruh peralatan)
– Studio on Air
– Pemancar ; Exciter, Booster, antenna
mulai dari 500 w – 10.000 watt

Note : tower dan perijinan di usahakan oleh Investor sendiri

17. Frangky - Juli 23, 2009

Untuk yang pingin buka Radio FM
Mulai dari daya 500 w – 10.000 watt
kami dapat merealisasikan usaha tersebut.
Kami dapat membuatkan sampai siap on air ( seluruh peralatan)
– Studio on Air
– Pemancar ; Exciter, Booster, antenna

Note : Tower dan perijinan di usahakan oleh investor sendiri

Harap hubungi
Frangky
frangww@yahoo.com

18. Frangky - Juli 23, 2009

Hallo Penggemar dan pengelola Radio FM
Apa bila berminat untuk membuka usaha siaran Radio – FM
Maka kami bisa membantu untuk merealisasikan bidang usaha Radio FM tersebut.
Kami dapat membuatkan sampai siap on air ( seluruh peralatan)
– Studio on Air
– Pemancar ; Exciter, Booster, antenna
mulai dari 500 w – 10.000 watt

Note : tower dan perijinan di usahakan oleh Investor sendiri

Frangky – Surabaya
frangww@yahoo.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: