jump to navigation

Buletin JRKI edisi perdana Juni 15, 2007

Posted by jrki in Berita.
trackback

muka1.jpg

TELAH TERBIT DAN BEREDAR BULETIN JRKI EDISI PERDANA. BULETIN INI AKAN DISEBAR KE 17 WILAYAH ANGGOTA JRKI DAN KE LEMBAGA-LEMBAGA JARINGAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN RADIO KOMUNITAS. 

Buletin JRKI  rencananya terbit berupa cetak dengan jumlah eksmplar 1000 eks. Untuk edisi perdana akan terbit tanggal 19 Juni  2007. Jumlah halaman tiap edisi 12 halaman. Rubrikasi di buletin ini ada Laporan Utama, Dinamika Radio Komunitas, profile JRK Wilayah, Dapur Redaksi, Artikel/ Opini. Tunggu kehadirannya.

Bagi teman-teman yang punya tulisan seputar radio komunitas atau media alternatif pada umumnya kami tungguy kontribusinya.  bisa email ke suara.jrki@gmail.com

Komentar»

1. Diana - Juni 23, 2007

Dear semua,
Kami dari Yayasan titah Madani Aceh berencana merintis Radio Komunitas didaerah pendalaman Pidie yaitu kawasan Tangse, Mane dan Geumpang, Kabupaten Pidie Aceh. Dapatkah kami mendapatkan informasi Donor yang dapat membanu mewujudkan Radio untuk Kaum Petani dan Perempuan Pendalaman ini.
Salam,
Diana

2. jrki - Juni 25, 2007

Di Aceh kalau ga salah ada Arrnet. Jaringan radio komunitas di Aceh, bisa kontak-kontak mereka. Atau coba hubungi aja funding agency yang sedang punya program di Aceh.

3. Andika - Juli 10, 2007

Yth Bapak-Bapak di JRKI, pada kesempatan ini saya ingin menanyakan dimana alamat JRK – Jawa barat, saya bermaksud ingin merintis Radio komunitas dilingkungan tempat tinggal saya, dimana saya mendapatkan informasi tersebut.
Demikan atas perhatian dan bantuannya diucapkan terima kasih.
Bravo JRKI

4. theus - Juli 23, 2007

boleh dunk teman-teman RAKOM di Raja Ampat kebagian Buletin JRKI, alamat bisa lewat Irman Meilandi, atau JRKP.
atau Theus Rumere; Belantara Papua Jl.Puyu No.3 HBM Remu Utara Sorong-Papua Barat

5. see The Rap - Agustus 2, 2007

salut dengan jrk-papua
disaat semua radio disegel dan pada ditutup semua, bahkan salah satu
penaggung jawab radio komunitas disorong ( pengurus JRk-Papua )di peradilankan hingga masuk penjara 2 tahun tapi mana solidaritas dan pemberdaayaan wahai kawan -kawan rakom se-papua…?
mana semua penipu ulung ……itu ? di jrk -papua hanya mengejar ego ?
trus sibuk bertengkar lantaran proyek – proyek rakom ?? ksihan sekali…? apalagi sempat – sempat mas bowo datang sosialisasi ijin rakom, padhl radio dah tersegel kasian…
salam dari pendengar setia rakom
maafin , ini hanya kepengen ingatin kita semua kok
kapan kita mendengar radio lagi ???
ataukah mereka hanya sibuk dgn urusan masing-masing

6. Azwar Mardin - Agustus 3, 2007

Azwar mardin (Pimpinan LPK Suandri Fm )
kepada buletin JRKI mohon kiriman buletin JRKI Setiap edisinya Keradio komunitas Suandri FM dengan Alamat : jl. Padang Beringin No.34 Lt.II Korong Batu Basa Kenagarian III Koto Aur malintang Kec. IV koto Aur Malintang Kab. Padang Pariaman Sumatera Barat 25564
HP. 085274563121.e-mail suandri_fm@telkom.net
kami atas nama Lembaga LPK Suandri Fm mengucapkan terimakasih banyak Kepada Buletin JRKI atas kerjasamanya.

7. kang raden - Agustus 18, 2007

maju terus pantang mundur, radio komunitas tetap jaya diudara, HIDUP RADIO KOMUNITAS…!

dirgahayu Republik Indonesia ke 62

8. latief - September 19, 2007

saya mewakali MAN Tlogo Blitar Jatim mohon dibantu untuk memperoleh ijin pemancar fm untuk radio komunitas pendidikan di sekolahan kam, dan bagaimana untuk menjadi anggota JRKI trima kasih sebelumnya. bila ada buletin dari jrki saya siap dikirimi melalui alamat MAN Tlogo JL.Raya Gaprang PO.BOX 113 Blitar Jatim

9. Vincentius Sitinjak - September 19, 2007

Yth: Pimpinan JRKI

Salam,
Kami dari Yayasan Samosir berencana untuk membangun Radio Komunitas untuk melayani komunitas yang telah terbentuk sejak lama, dan juga melayani masyarakat luas disekitar Danau Toba di bidang informasi dan hiburan.

Untuk tahap awal kami telah membentuk tim kerja, dan demi efektifitas pelaksanaan program ini, kami berkeinginan untuk mengirimkan satu orang yang akan mengikuti magang di salah satu Radio Komunitas yang telah berdiri.

sehubungan dengan rencana tersebut, kami mohon agar dapat dipandu kepada salah satu Radio Komunitas yang bersedia menampung dan berbagi pengalaman mengenai operasi Radio komunitas, khususnya mengnai hal-hal yang bersifat teknis.

Terima kasih,

10. April Getih Garut - September 29, 2007

Dalam UUPA Agraria, milik rakyatdi sektor agraria itu tak hanya tanah, melainkan udara dan ruang angkasa juga termasuk agararia. mari kita galang aliansi front luas untuk mewujudkan reforma agraria sejati.udara itu bukan untuk dikavling oleh propaganda kapitalisme dan imperialisme. saatnya kita reklaimimg udara dengan perjuangan melawan kapitalisme di kapitalisme radio.

11. Ev.Martin - Oktober 5, 2007

kami heran denga teman-teman Rakom di IJB. seperti sorong…! kami sesama rakom bukannya Diam melihat kondisi Rakom di sorong/yang menimpa teman2x di sorong. kami rakom di papua/ Biak. juga selalu menyuarakan hal-hal ini di setiap pertemuan dengan KPI/KPID/Balmon Jayapura. tapi kami tidak dapat berbuat banyak karna teman2x tidak lagi berada satu atap dengan kami di Papua secara administratif. dan disamping itu memang banyak teman2x rakom yang mengabaikan aturan main yang berlaku serta berjalan sendiri-sendiri.. mari sekarang kita bersatulah papua ini memang luas secara tanah tetapi tidak besar secara kwantitas. ok Tuhan memberkati

Radio Suara kasih Oikumene Biak

12. April Getih Garut - Oktober 10, 2007

teman-teman radio Komunitas memerlukan pengetahuan tentang pembangunan organisasi yang kolektif dan demokratis. radio komunitas takkan berarti apa-apa tanpa dukungan warganya. Investigasi Sosial dan Analisa Kelas mesti dimiliki oleh kawan-kawan pengelola Rakom di seluruh Indonesia. ingat revolusi itu terjadi harus ada aksi. karena aksi merupakan senam-senam revolusi, takkan ada revolusi udara tanpa aksi. lawan ! Lawan ! dan Lawan. reklaiming udara itu dilakukan tanpa kompromi, melainkan harus di rebut dan dikepung dengan gerakkan massa militan. Amin !

13. April Getih garut - Oktober 20, 2007

he;;; hidup Cisewu !

14. azwar mardin - November 20, 2007

SAYA SEDIH DENGAN JRKSB (JARINGAN RADIO KOMUNITAS SUMATERA BARAT) ADA DENGAN MU JRKSB…

SETELAH MUSDA SELESAI,KERJANYA KOK JUGA IKUT SELESAI

KAWAN-KAWAN YANG ADA DI JRKSB MASALAH MASIH BANYAK YANG BELUM DI SELESAIKAN
KAWAN-KAWAN DI RAKOM MEMBUTUHKAN JRKSB

APA GUNANYA YANG SELAMA INI KITA TERIAKAN RAKOM RAKOM…..RAKOOOOOOOOOOOOOOOMMMMM…

BUKTINYA TIDAK ADA KANNN….

SAYA MENGHIMBAU KEPADA SELURUH PENGURUS JRKSB MARI KITA BERSATU LAGI…………
DAN MARI KITA DUDUK BERSAMA LAGI
DAN TIDAK USAH KITA KUMPUL-KUMPUL DI GEDUNG MEWAH TAUPUN DI HOTEL…

HIDUUUUUUUUUUUUUUUUUUPPPPPPPPP RAKOM

SALAM

AZWAR (08274563121)
LPK SUANDRI FM

15. azwar mardin - November 20, 2007

SAYA SEDIH DENGAN JRKSB (JARINGAN RADIO KOMUNITAS SUMATERA BARAT) ADA DENGAN MU JRKSB…

SETELAH MUSDA SELESAI,KERJANYA KOK JUGA IKUT SELESAI

KAWAN-KAWAN YANG ADA DI JRKSB MASALAH MASIH BANYAK YANG BELUM DI SELESAIKAN
KAWAN-KAWAN DI RAKOM MEMBUTUHKAN JRKSB

APA GUNANYA YANG SELAMA INI KITA TERIAKAN RAKOM RAKOM…..RAKOOOOOOOOOOOOOOOMMMMM…

BUKTINYA TIDAK ADA KANNN….

SAYA MENGHIMBAU KEPADA SELURUH PENGURUS JRKSB MARI KITA BERSATU LAGI…………
DAN MARI KITA DUDUK BERSAMA LAGI
DAN TIDAK USAH KITA KUMPUL-KUMPUL DI GEDUNG MEWAH TAUPUN DI HOTEL…

HIDUUUUUUUUUUUUUUUUUUPPPPPPPPP RAKOM
HIDUUUUUUUUUUUUUUUUUUPPPPPPPPP RAKOM

SALAM

AZWAR (085274563121)
LPK SUANDRI FM

ARDIAN SALMI ( MAC AJO ) SUANDRY FM - September 16, 2010

SAYA ARDIAN SALMI SEBAGAI DEWAN PERTIMBANGAN DI JRKSB HABISS APA YANG KITA PERLU PERTIMBANGKAN , HANYA KITA YANG TAHU YANG PENTING KERJASAMA KITA ANTAR RADOM DI PADANG PARIAMAN TETAP HIDUP DAN MENGUDARA SESUAI DENGAN KEHENDAK KITA BERSAMA ,,, SALAM BUAT SEMUA PENGURUS JRKSB KAPAN KITA DUDUK SEMEJA KEMBALI MARI,AYO BANGKIT JANGAN SELALU SALING MENYALAHKAN KITA JELANG HARI ESOK YANG LEBIH BAIK…..AYO SALAM SEMUANYA HIDUPKAN RAKOM.

16. cheoth - April 18, 2008

salam buat semua yang bekerja di rakom !!!!!!!!!
yang aku tau semua yang kerja di rakom tu kerjanya oleh hati tanpa ada pamrih jeung ceuk saha penyiar rakom di gaji eta oge di kasih klo pimpinan rakom gi ada duit atau dari hasil penjualan KPP, yach g ????
maju terus buat yang kerja di rakom

salam buat a gangan bareng a iwan di JRK dari majalaya

17. den opankz - Mei 8, 2008

salam sejahtera
for your info…di semarang ada radio komunitas kampus dengan nama Radio RGM ONE FM -the young intellectual’s radio (radio gema mahasiswa).tepatnya di fakultas Ushuluddin IAIN walisongo semarang gimana agar kita bisa join in your community.thanks

18. SAM BROADCAST - Juli 8, 2008

untuk semua anggota radio komunitas di indonesia terutama di semarang,kami SAM BROADCAST asli SEMARANG ingin membantu anda yang kesulitan dalam hal peralatan broadcast,produk kami=pemancar fm,pemancar tv,pemancar am,stl link,antena,tower,khusus radio komunitas ada special harga murah,untuk RGM FM=itu radio kampus iain MBS FM juga produksi saya untuk exciter,antena,boster tube,sevice,setting,boster 500w built up rvr settingan saya dan radio kampus lainnya di semarang 99 persen produk saya,untuk RGM FM jika ingin menambah watt pemancarnya atau perbaikan’bisa hub.=085226140989,flexi=02470567599,fren=088802411389,jl.keruing barat dalam 1/84 banyumanik semarang 50263,terima kasih,semoga niat baik kami dapat membantu anda

19. sam semarang - Juli 11, 2008

utk tmn2 rgm fm bila mkesulitan dalam hal peralatan broadcast,memperbesar watt pemancar,setting pemancar dan temen di radio komunitas dan radio komersil di semarang tau pesan pemancar fm,tv,am,antena,tower bisa hub=085226140989,flexi=02470567599,fren=088802411389,jl.keruing barat dalam 1 no=84 banyumanik-semarang 50263,semoga niat baik saya bisa membantu anda

20. Simen Hadi - Oktober 4, 2008

kepada buletin JRKI mohon kami juga dikirimkan buletin JRKI Setiap edisinya Keradio komunitas STALLON FM
Sumatera Barat
atau panduan lainnya untuk pembinaan RAKOM
E-mail : stallonfm@yahoo.co.id

kami atas nama pengelola Radio Komunitas STALLON FM mengucapkan terimakasih banyak Kepada Buletin JRKI
atas kirimannya. Tentunya Buletin tersebut sangat bermamfaat bagi RAKOM kami
Terima kasih

21. Nana Cicio (Ratna Sari) - Oktober 6, 2008

saya nana dari mercycorp banda aceh, saya pernah membaca tgg profil pak Jufri nazaruddin, dan saya sangat tertarik dengan latarbelakang beliau, kebetulan team kami memiliki program ttg masalahpertanian dan inginmenjalin kerjasama, oleh akrena itu nana mint ainformasi contact person pak Jufri nazaruddin. mohon informasinya dan jika anda memiliki infonya mohon dikirimkan ke email saya di
rsari@ba.id.mercycorps.org
atau nanacicio@gmail.com
terimakasih

22. OTOY - Oktober 30, 2008

RADIO KUMUNITAS ADALAH SEBUAH RADIO YANG MEMILIKI RUANG LINGKUP YANG KECIL DAN PENGELOLAANNYA DITANGANI OLEH KOMUNITAS ITU SENDIRI, RUANG KERJA DARI RADIO KOMUNITAS PADA KEBANYAKAN MELAYANI PERMINTAAN MASYARAKAT DI KOMUNITAS ITU, SEHINGGA SETIAP KEBIJAKAN-KEBIJAKAN DIPUTUSKAN SECARA MUSYAWARAH DAN DEMOKRASI. SECARA TIDAK LANGSUNG PERANAN RADIO KOMUNITAS SANGAT MEMBANTU DALAM MENCERDASKAN MASYARAKAT UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN DAN BELAJAR DEMOKRASI. HAL KECIL SEMACAM INI AKAN MEMBIASAKAN MASYARAKAT UNTUK SALING TOLONG-MENOLONG DAN MENJALIN KEBERSAMAAN DIANTARA MASARAKAT-MASARAKAT DI SEKITAR KOMUNITAS ITU. SEANDAINYA RASA KEBERSAMAAN DAN SALING TOLONG MENOLONG INI TERJADI PADA SETIAP WILAYAH KITA, MUDAH-MUDAHAN KEBAIKAN-KEBAIKAN AKAN SENANTIASA TERCIPTA DIMASARAKAT KITA DAN DIJAUHKAN SEGALA BENTUK ANARKIS, KEKERASAN DAN LIN-LAIN, AMIEN………. HIDUP RADIO KOMUNITAS…………………

23. klipinglp3y - Februari 18, 2009

Adakah bulletin JRK versi pdf yang bisa di download,mengingat jmlh cetaknya yg terbatas,untuk koleksi di perpustakaan kami.Trims
http://www.klipinglp3y.wordpress.com

24. Yan Wijaya - Juni 28, 2009

Numpang nulis ya temen..temen…
Saya kecewa dengan Sam Broadcat yang hanya memberikan Janji bukan bukti,adalah saya,saya tinggal di jambi saya mempunyai sebuah radio yang berada di kabupaten di propinsi Jambi.saya kenal / tau sam broadcast melalui brosing di internet yang waktu itu SAM BROADCAST memasang iklannya di Web. Toko Bagus,saya tertarik akhirnya saya mencoba menghubungi contact personnya,kemudian terjadilah kesepakatan dan pada tanggal 5 Mei 2009 saya mentransfer uang untuk pembayaran alat tersebut,setelah dia menerima,empunya sam Broadcast yaitu SAM ABRIANTO enjanjikan kepada saya bahwa pesawat pemancar akan diselesaikan dalam waktu 1 bulan. saya pesan pemancar Kepada SAMABRIANTO berdaya 500 w Tube lengkap dengan antena omb single ring 4 buy,power devider,eksiter Tapi setelah 1 bulan kemudian,saya menanyakan bagaimana pemancar saya sdah siap pa blm?? tapi jawabnya bosternya masih blm jadi,selang berapa hari saya menayakan lagi jawabnya selalu begitu,hari demi hari minggu demi minggu seperti lagunya krisdayanti hingga sekarang tanggal 28 Juni 2009 pemancar yang saya pesan belum juga ada kabarnya,terakhir kemarin hari kamis dia mengatakan akan berangkat ke jambi mengantarkan pemancar pesanan saya tapi hingga detik ini tak kunjung ada kabar beritanya….Nasi Sudah menjadi Bubur hampir 2 Bulan Pemancar saya yang saya pesan dengan SAM BROADCAST / SAMABRIANTO…Jadi mbelgedes!!!!! Jadi untuk teman2 saya pesan jangan mudah tergiur kata manis iklan manis yang akhirnya semua itu dibuat untuk memperdaya orang merugikan orang….HATI – HATI DENGAN SAM BROADCAST JANGAN SAMPAI ANDA MENJADI KORBAN BERIKUTNYA!!!!!!

25. Azwar mardin - November 14, 2009

Rakom suandri fm batu basa kab.Padang pariaman kembali mengudra dengan perangkat pemancar bantuan dari radio RNW Belanda,setelah 5 hari pasca gempa 7,9 s pada tgl 30 september 2009 yg lalu. Bangunan studio roboh,perangkat pemancar,komputer dan perangkat pendukung lain tidak bisa di selamatkan ditimpa bangunan dan di guyur hujan setelah 35 menit pasca gempa. semua crew yg brtgs pd saat itu selamat,
Azwar mardin pimpinan Rakom suandri fm. cp : +6281267619283

26. Azwar mardin - November 15, 2009

KAMI ATAS NAMA CREW-CREW SERTA SEGENAP ANGGOTA RAKOM SUANDRI FM BATU BASA KAB. PADANG PARIAMAN MENGUCAPKAN KEPADA PIMPINAN LPK SUANDRI FM AZWAR MARDIN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH HAJI, DAN MENJADI HAJI MABRUUR. DO’AKAN UNTUK KEJAYAAN RAKOM SUMBAR DAN JRKI.
Info rakom suandri +6281267619283

27. Marcos Dipan - Januari 9, 2010

Kenapa saya ga pernah lihat Bulletinnya? Di kirim ya?

28. JRKI - Mei 3, 2010

Salam Hormat bagi rekan-rekan JRKI.
Saya Silfester Tebai dari Lembaga Pengembangan Dan Pemberdayaan Amanat Rakyat Dogiyai Papua sedang berusaha mendirikan radio komunitas masyarakat adat di pedalaman Papua Tengah. Tujuannya adalah guna mendekatkan informasi bagi masyarakat agar dapat mengikuti seluruh atau sebagian perkembangan diluar daerah. Radio dianggap sarana yang tepat bagi masyarakat, karena rata-rata masyarakat belum bisa membaca sehingga media ini sangat dibutuhkan. apa lagi letak geografis daerah ini yang bervariasi, baik gunung, tebing, terjal, jurang, lembah dan faktor pengahmabt lainnya. Daerah yang berada ditengah hutan papua ini belum bisa mengunakan fasilitas telpon, PLN, termasuk jalan antar kampung, distrik serta kabupaten yang belum ada. Sarana infrastruktur maupun sumber daya manusia yang masih jauh. serta banyak persoalan lain, sehingga kami generasi muda berpikir radio meruapakans salah satu solusi menjawab sebagai kecil soal dari permasalahan yang ada disana. dengan adanya radio bisa berfungsi sebagai sarana pendidikan rakyat, sarana penciptakan demokrasi, sarana hiburan,sarana diskusi, saran kontrol sosial dan sarana informasi. Sebab itu melalui JRKI ini memohon bantuan rekan-rekan agar membantu menghubungkan kepada funding-funding yang berhubungan dengan pendirian radio maupun bantuan sarana prasarana dan keuangan mendirikan radio komunitas di maksud. kepada JRKI dan jaringan secara keseluruhan dimana berada, kami menyampaikan salam hormat.

29. sam - Mei 14, 2010

MENANGGAPI TULISAN MAS YAN WIJAYA,kami baru tahu tulisannya sekarang,untuk pesenannya pemancar fm dan antena single ring 4bay stenless lengkap pwr devider sudah dikirim ke tempat mas yan wijaya tgl 8-7-2009,atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

30. Silfester Tebai -31-12-2010 - Desember 31, 2010

DOGIYAI PAPUA merupakan sebuah kabupaten baru hasil pemekaran Kabupaten Nabire yang berada di daerah Pegunungan Papua Tengah. Eksistensi Radio JRKI sangatlah penting peranannya, apalagi dipedalaman belum ada media apapun yang masih jauh terisolasi. Masyarakat rata-rata belum berpendidikan yang masih menanti imformasi untuk membuka wawasan dan cakrawala berpikirnya, sebab itu kami berkeinginan untuk mendirikan RADIO KOMUNITAS yang bernama RADIO FM SUARA KAIDO DOGIYAI. SUARA KAIDO adalah nama alat musik tradisional PIKON yang selalu dimainkan oleh masyarakat. Sebab itu, kami perlu dukungan informasi Funding maupun kerja sama dalam hal DIklat dan hal lainnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: