jump to navigation

Jaringan Radio Komunitas Indonesia Juni 8, 2007

Posted by jrki in Berita.
trackback

demo jrki]

JRKI adalah Jaringan Radio Komunitas Indonesia dideklarasikan pada tahun 2002.

Di dalam organisasi JRKI terdapat jaringan radio komunitas daerah yaitu JRK Sumatra Barat, JRK Lampung, JRK Banten, JRK Jabotabek, JRK Jawa Barat, JRK Jawa Tengah, JRK Yogyakarta, JRK Jawa Timur, JRK Bali, JRK Lombok, JRK Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, dan JRK Papua.agenda utama JRKI adalah advokasi terhadap penyiaran komunitas di Indonesia menuju demokratisasi penyiaran

Radio komunitas sampai saat ini masih menghadapi kesulitan di regulasi. Setelah mendapat pengakuan dari UU Penyiaran tahun 2002, regulasi yang berada di bawahnya seperti Peraturan Pemerintahyang mengatur lebih detail soal perizinan atau frekuensi masih belum mendukung perkembangan radio komunitas.

Komentar»

1. agung - Juni 14, 2007

hehe asyik ya punya saudara nasional, bisa silahturrami dimana”,
bete radio bogor juga ada tempat untuk sebentar melepas lelah bila teman rakom mau pada mampir..

2. rasidi - Juni 15, 2007

bagus. web ini bagus. saya setuju. cuman tindak lanjutnya perlu cara mudah yang semudah mudahnya dapat memasukkan kegiatan jrk wilayah. sehingga contennya beragam dari seluruh wilayah.

3. jrki - Juni 15, 2007

Nah, itu gagasan bagus. Saya setuju dengan pa Rasidi. Kalau teman-teman wilayah punya berita atau agenda kegiatan bisa email aja ke jrk_kongres04@yahoo.com nanti kita akan tampilkan di sini. Ditunggu ya. Blog ini kan milik kita bersama maka yang mengisinya juga kita semua para penggiat radio komunitas.

4. Chintami - Juni 15, 2007

saya pingin ngisi tulisan gimana caranya? tapi tulisanya tentang kegiatan di radio saya. bisa ga?

5. Gunawan Gunawitarsah - Juni 15, 2007

Haiiii. ini dari AGUNG AMet, alias Anak Metal dari Cibangkong, aku mau ikutan komentar nih, >klo bisa design web nya di bagusin dikit dong supaya yang baca / liat ga boring, ya dikit sentuhan fUtUrIsTiX gitu lohhh, terutama pilihan warna nya jangan terlalu JaDul trus tema/informasi yang disajikan klo bisa di upload tiap 1 minggu se X. gitu ajah ah Yu ya yuuuuuu.

6. anton birowo - Juni 18, 2007

Website JRKI sangat menarik jika bisa menampilkan berbagai pengalaman dari radio-radio komunitas di Indonesia (juga negara lain, untuk memperluas wawasan). Berikut saya coba sampaikan pengalaman sebuah radio komunitas di Sumatera Barat.

Di laporan evaluasi tahun 2007 organisasi praktisi radio komunitas internaisonal (AMARC), hadir radio komunitas “Radio Suara Perempuan” dari Pariaman, Sumatera Barat.Radio yang didirikan antara lain oleh ‘aktifis yang tidak asing lagi di rakom” Nurhayati Kahar menjadi salah satu contoh radio komunitas di dunia. Dalam laporan tersebut, diceritakan salah satu program acara setiap Minggu Malam dari Radio Suara Perempuan yang bertajuk “Carito Minang” (Cerita dari Minang). Salah satu cerita yang pernah tampil adalah “Maha Bana Baliaja”, yang bercerita tentang perlawanan terhadap adat dalam perkawinan di Pariaman, di mana pada setiap perkawinan, keluarga pihak perempuan harus membayar sejumlah uang kepada keluarga pihak laki-laki. Singkatnya, radio ini ingin mendobrak adat “buying man” dalam adat perkawinan di Pariaman. Hal menarik lainnya yang diangkat dalam laporan ini adalah digunakannya bahasa lokal di Radio Suara Perempuan. Penggunaan bahasa lokal, yang juga digunakan oleh banyak radio komunitas lainnya di Indonesia, nampaknya menjadi ‘identitas” yang menarik dari kehadiran radio komunitas.

Salam

Anton Birowo
Ilmu Komunikasi
Universitas Atma Jaya Yogyakarta

7. Gunawan Gunawitarsah - Juni 22, 2007

wah, sekarang udah berubah ya. terus perbagus lagi yaaaaaaa….

8. daniel tumiwa - Januari 19, 2008

saya setuju banget!!!!!!!!

9. leo - November 3, 2008

Yang perlu di sadari bahwa pengguna gelombang radio frekwensi tidak hanya di Indonesia saja negara lain juga menggunakannya, sehingga untuk menjaga supaya tidak saling tabrakan dalam penggunaan gelombang radio harusnya mengetahui dahulu standar ITU (Internasional Telecommunication Union). Kita sudah memiliki wadah yang sudah mengikuti aruran di ITU yaitu RAPI dan ORARI. Gunakan wadah tersebut akan lebih baik berarti kita menyadari bahwa kita tidak hidup sendirian di dunia.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: