jump to navigation

Forum Diskusi

Bagi teman-teman yang mau membagi gagasan dan ceritanya tentang radio komunitas bisa di mulai di sini. Ada 3 agenda besar yang dihadapi radio komunitas; pertama berkaitan dengan persoalan-persoalan kebijakan negara yang mempengaruhi daya hidup radio komunitas, kedua berkaiatan dengan radio komunitas mengatur dirinya sendiri, dan ketiga berkaiatan dengan pola hubungan dan pembangunan jaringan radio komunitas dengan pihak-pihak di luar radio komunitas.

Komentar»

1. willy aditya - Juni 15, 2007

tulisan internal jrki mana ne?
biar ada gambaran flatform-nya

2. jrki - Juni 23, 2007

To: jrki_ngobrol@yahoogroups.com
From: “sinam sutarno” Add to Address Book
Yahoo! DomainKeys has confirmed that this message was sent by yahoogroups.com. Learn more
Date: Fri, 22 Jun 2007 22:05:26 -0700 (PDT)
Subject: Re: [jrki_ngobrol] Advokasi alokasi frekuensi radkom

dear all

Hasil pertemuan yang lalu – lalu akan menjadi bahan awal untuk advokasi ini, untuk melengkapinya tentu dibutuhkan catatan perkembangan terkini di masing masing wilayah. seperti halnya jabar yang sudah ada kebijakan lokal tentang retribusi penggunaan frekwensi dan dirasa oleh kawan kawan rakom sangat memberatkan. menurut saya ada beberapa hal yang bisa kita diskusikan bersama:
Alokasi frekwensi yang adil bagi semua media penyiaran? (pernah muncul ide 20% untuk rakom)
Proses pengurusan untuk memperoleh ijin pengunaan frekwensi?
Syarat – syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh hak penggunaan frekwensi?
Bagaimana pengalokasian frekwensi di daerah blankspot.?( contoh kasus: di distrik aranday kabupaten teluk bintuni, PApua hanya ada 1 radio yang menggunakan frekwensi yakni rakom sebyar fm)
kalau gak salah beberapa hari yang lalu saya sempat membaca statemen menkominfo yang baru bahwa akan ada prioritas untuk daerah – daerah blankspot. saya kira ini bisa dijadikan bahan untuk mendorong alokasi frekwensi yang tidak sentralistik.

masukan kawan kawan wilayah sangat penting bagi proses ini.

Salam hangat

Sinam

—– Original Message —-
From: Imam Prakoso
To: jrki_ngobrol@ yahoogroups. com
Sent: Thursday, June 21, 2007 4:54:52 PM
Subject: Re: [jrki_ngobrol] Advokasi alokasi frekuensi radkom

Gagan dan kawan2,

Bulan lalu saya kebetulan hadir dalam sebuah seminar yang diselenggarakan oleh FFTV IKJ dan Depkominfo soal TV Komunitas. Kalau saya tidak keliru apakah bu Agnes atau pak Gatot dari Orbit Satelit mengatakan dalam presentasinya sebentar lagi akan keluar Permen soal Biaya Hak Penggunaan Frekuensi itu. Saya tidak sempat menanyakan lebih lanjut, tapi ini indikasi yang jelas soal biaya itu, bahwa Departemen yang akan memungut dan (pasti) akan tabrakan dengan Perda (seperti di Jabar) yang sudah menarik biaya frekuensi itu.

Makin ruwet ya….

tapi saya setuju idenya mas Sinam untuk segera mulai bergerak dan melibatkan kawan2 di daerah, Yang juga penting adalah usulan Yoris untuk membuka lagi lembaran hasil rapat kerja JRKI tempoi hari. Bagaimana mas Sinam dan kawan2?

salam,

imenk

—– Original Message —–
From: Gagan Gani
To: jrki_ngobrol@ yahoogroups. com
Sent: Thursday, June 21, 2007 2:06 PM
Subject: Re: [jrki_ngobrol] Advokasi alokasi frekuensi radkom

Dear semuanya,

salam Bung Yoris, sudah lama sekali kita tidak bersua ya…hehehe

Saya sepakat dengan pendapat Bung Yoris, namun seandainya tidak hanya alokasi frekuensi saja yang di petakan diwilayah masing-masing kemudian diajukan bersama2, tetapi bagaimana ditambah lagi dengan Biaya Hak Penggunaan Frekuensi juga kita berikan masukan, berapa kira-kira yang harus dibayarkan oleh rakom ke Kas Negara, untuk berapa lama penggunaan frekuensinya dll?karena kalau di Jawa Barat, Dishub menganggarkan biaya “Retribusi” menurut istilah mereka, berdasarkan Perda No. 21 tahun 2001 kalau ga salah itu jumlahnya Rp. 1 juta/ rakom/tahun. hal ini juga yang cukup memberatkan rakom tentunya.

bagaimana?

salam,
Gagan

—– Original Message —-
From: joe stefano
To: jrki_ngobrol@ yahoogroups. com
Sent: Thursday, June 21, 2007 11:16:35 AM
Subject: Re: [jrki_ngobrol] Advokasi alokasi frekuensi radkom

Dear Mas Sinam,

Sorry gak ketemu setelah balik dari Bintuni..HP ku hilang jadi gak bisa kontak..mudah- mudahan perjalanannya asik-asik aja.

Saya kira apa yang disampaikan mas sinam tentunya sangat baik sekali untuk teman-teman wilayah memberikan masukan terkait dengan alokasi frekuensi karena persoalan setiap wilayah tentu mempunyai masalah yang berbeda. Tapi saya mau ingatkan saja bahwa Rapat Kerja di Jogja yang ditindaklanjuti dengan seminar sudah membahas hal itu dan saya kira ada hasilnya yang bisa dipakai oleh JRKI, tentang perkembangan baru tinggal di up date aja oleh teman2 wilayah untuk bahan advocasy.

salam

Joris

sinam sutarno wrote:
terima kasih info mas imeng,

saya kira hal ini akan dapat ditindaklanjuti oleh kita bersama. sesuai dengan yang sudah didiskusikan sedari dulu bahwa sistem pengalokasian frekwensi di indonesia sangat tidak adil bagi radio komunitas untuknya perlu direvisi. menuju kesana akan sangat menarik apabila kawan kawan JRK wilayah di Indonesia dapat memberikan masukan – masukan dari masing masing wilayah terkait dengan alokasi frekwensi tersebut selain beberapa permasalahan dan rekomendasi yang sudah terbahas pada forum forum sebelumnya.

kami tunggu respon kawan – kawan dan segera kita susun rumusannya.

salam hangat

Sinam

—– Original Message —-
From: Imam Prakoso
To: Chrisma Albandjar ; jrki_ngobrol@ yahoogroups. com
Cc: Abdullah Alamudi ; Kukuh Sanyoto ; Zainal Suryokusumo ; Yunita Mandolang ; Yulia Hadi ; Agus Sudibyo ; Adink Masduksi ; tanti@tifafoundatio n.org; christiana_chelsia@ imlpc.or. id
Sent: Wednesday, June 20, 2007 9:53:14 AM
Subject: [jrki_ngobrol] Advokasi alokasi frekuensi radkom

Rekan-rekan pengurus JRKI dan kawan lainnya,

Saya kemarin mendapatkan informasi dari mbak Chrisma Al Bandjar (beliau adalah staf ahli Komisi 1 DPR RI). Dalam diskusi dijelaskan bahwa beberapa saat yang lalu Komisi 1 mengadakan rapat bersama dengan Menkominfo yang baru. Ada titik cerah dalam pertemuan tersebut terkait alokasi frekuensi untuk penyiaran komunitas. Menkominfo bersedia untuk merevisi jumlah kanal yang selama ini dialokasikan untuk radio komunitas. Proses ini akan di tndaklanjuti dalam minggu depan, persisnya kapan belum ada pembicaraan mengenai itu.

Mbak Chrisma mengharapkan ada usulan-usulan yang terkait dengan radio komunitas dari teman2 semua. Usulan2 itu nantinya dapat disampaikan kepada Komisi I sehingga dapat menjadi bahan ketika rapat bersama jajaran Depkominfo. Saya kira ada kesempatan besar buat radio komunitas untuk melanjutkan advokasi. Bagaimana cara dan metodenya, saya serahkan kepada teman2 semua untuk merumuskan dan saya sertakan juga email mbak Chrisma dalam surat ini.

Semoga ada celah-celah kecerahan yang dapat dimanfaatkan oleh kita bersama dalam mewujudkan alokasi frekuensi yang lebih adil.

salam,

imenk

3. Miftah Zam Achid - Juli 2, 2007

Kawan2 JRKI,
Sesuai dengan info yang saya terima dari Mas Bowo, bahwa JRKI bersama KPI (Mas Bimo) sedang mengusahakan akan ada pertemuan dengan Dirjenpostel merupakan langkah awal yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan materi dan strategi advokasi terarah.
Saya sangat sepakat dengan pernyataan Mas Bowo ketika Mas Bowo, Mas Adi bertemu dengan kawan2 JRK Jatim hari Jumat kemarin (28 Juni 2007) di Surabaya bahwa (kurang lebihnya) JRKI perlu memiliki informasi yang uptodate dan lengkap sebagai “amunisi” untuk bertemu dengan KPI dan Dirjenpostel.
Menurut hemat saya, ada beberapa langkah konkrit yang dilakukankawan2 JRKI untuk meneruskan perjuangan advokasi:
1. Persiapan
yang meliputi :
*. pengumpulan dokumen dari serentetan kegiatan advokasi selama ini yang mendukung.
*. konsolidasi dengan 17 jaringan wilayah dan menggali informasi terkini dan strategis dari 17 jaringan wilayah tersebut.
*. Pematangan analisis dokumen, hasil konsolidasi dan penggalian informasi dari 17 jaringan wilayah di tingkat kawan2 JRKI.
*. Kontak dengan KPIP dan Dirjenpostel dan menyepakati kapan dan dimana bisa melakukan pertemuan.

2. Aktion:
Pertemuan dengan KPIP dan Dirjenpostel

Begitu kawan2, ..ada yang mau menambahkan ?
Mohon maaf jika ada khilaf
Selamat Berjuang

4. Ga2n - Juli 2, 2007

salam hangat,

kalau usulan itu bagus mas Miftah, yang perlu diperimbangkan adalah seberapa kuatkah teman-teman yang ada di JRKI ini melakukan banyak hal, sementara tenaga yang ada di JRKI sangatlah terbatas…..
bagaimana seandainya Mas Miftah dkk nya ikut juga membantu?bagus ga tuch usulannya?

temans, lihat2 juga ya di http://www.jrk-jabar.org

thanx,
salam

5. adi thea - Juli 5, 2007

ya untuk usulan mas miftah bagus tuh,
sekarang kita lagi bertahap melakukannya, tapi alangkah baiknya kita bersama-sama seperti yang bpk. gagan usulkan.
kata peribahasa “bersatu kita teguh bercerai kita pisah… eh salah runtuh”
hahahaha
ok mari kita berjuang bersama-sama agar radio komunitas di indonesia jaya selalu
” udara milik kita……
milik kita indonesia..”

6. Miftah Zam Achid - Juli 9, 2007

setujuuuu !!
bisa kita bagi peran..
apa yang kawan2 JRK Wilayah dan JRKI lakukan dengan segala kemampuan, potensi dan keterbatasan yang dimiliki?
apa yang kawan2 diluar JRK Wilayah dan JRKI lakukan?
sehingga bisa kita petakan.. kekuatan dan kelemahan kita untuk berjuang.

7. nieke - Juli 9, 2007

mas adi,
saya nieke, dari combine niy, temennya mas miftah. Pasti dong kita bantu, karena itu combine dukung jrki terus biar makin eksis. Konon sih salah satu caranya yang paling jitu mendorong agenda advokasi. Kalau dengar ceritanya mas miftah yang ikut ke wilayah2 sama temen2 jrki kayaknya kerjaan yang satu ini yang paling “ditagih”. Seandainya di blog ini ada ‘dapur’ khusus untuk advokasi, jamin deh akan lebih cepat kerjaan temen2 jrki yang satu ini. Gmn?
salam

8. Henny - Juli 9, 2007

Saya Henny, makasih atas kiriman CD nya. Kami sudah terima nanti kalau sudah di isi formulirnya akan di fax-an ke CRI.
saya setuju sih dengan harus adanya dapur khusus yang berkaitan dengan Advokasi. Gimana sekarang kalau pergunakan dulu forum diskusi ini untuk membagi gagasanya.

salam,

9. adi thea - Juli 10, 2007

to. mba nieke
alo mba, ya nanti saya usulkan dapur advokasi di blog ini ke bagian media internal, dan selama ini kita masih menyusun agenda advokasi di jrki, dan beberapa sudah dilakukan dan akan di share di blog ini.
ok makasih usulannya

salam

10. Ga2n - Juli 13, 2007

Hai All….,
salam.
beberapa hari yang lalu, saya dapat telp dari Dishub Jabar yang mengatakan Balai Monitoring atau Kominfo sedang membahas alokasi frekuensi untuk radio komunitas, Dishub berperang melawan Balmont masalah frekuensi ini. Dishub berharap rakom ada di frekuensi yang sesuai dengan KM No.15, sampai2 dia minta kami mendukung itu, sementara Balmont memberikan peluang ke Rakom untuk menempati frekuensi yang longgar, atau disela2 frekuensi, terkait wawancara di TV swasta ttg rakom yang ada di Jakarta (katanya).
JRK Jabar tidak akan mendukung kedua2 nya, lebih baik kita usulkan ke JRKI untuk diusulkan pula selanjutnya ke Jakarta, karena jelas sikap kita, bahwa radio Komunitas harus punya Alokasi tersendiri, 20% dari frekuensi yang ada dengan tempatnya di Tengah2 atau di frekuensi 88 keatas.bagaimana teman2’zzzzz?

11. IWAN SETIAWAN [www.studyzone.web.id] - Agustus 3, 2007

>> http://www.studyzone.web.id/communityradio.html

Dengan Hormat,

Mencermati perkembang radio komunitas dari waktu ke waktu menunjukan peningkatan, baik dari sisi kualitas dan kuantitas.

Banyak hal yang unik terjadi dalam proses survivenya radio komunitas untuk tetap eksis di komunitasnya, agar rekan rekan semakin menikmati dunia radio khususnya radio komunitas.

Maka perkenankan pada kesempatan ini, kami selaku praktisi broadcast menawarkan program FREE “In House Training” studyZONE BROADCASTING for COMMUNITY RADIO. Program ini digelar di radio komunitas masing-masing dari Sabang sampai Merauke, dengan harapan melalui program ini, dapat menajdi media berbagi ilmu dan belajar bersama mengenai dunia broadcasting khususnya Radio Komunitas.

Adapun materi yang dibahas sebagai berikut:

1. MANAJEMEN SIARAN KATA

2. PROSES PRODUKSI AUDIO RADIO DENGAN SOFTWARE ADOBE AUDITION

3. PENGENALAN SOFTWARE RADIO
>> BPM studio Profesional
>> RADUGA
>> MEGAMIX
>> JAZLER
>> MOBILE EDIT
>> WINAMP & JET AUDIO

Program ini dirancang selama 2 Hari penuh (Materi Acara terlampir).

TANPA BIAYA kecuali biaya transportasi & akomodasi 2 (satu) orang Trainer ditanggung Radio Komunitas yang bersangkutan.

Bagi rekan Radio Komunitas yang berminat dipersilahkan untuk menghubungi Project Manager “studyZONE BROADCASTING”.

Demikian penawaran ini kami sampaikan, semoga kedepan kerjasama yang terjalin memberikan kebaikan dan manfaat bagi kita semua.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

IWAN SETIAWAN
Project Manager
http://www.studyzone.web.id

12. April Getih - Agustus 30, 2007

perjuangan utama JRKI adalah memperjuangkan hak radio komunitas di seluruh Indonesia. jangan pindah kelain hati !!! jangan sia-siakan harapan dan doa kami di seluruh pelosok negeri. moga para pengurus JRKI jadi pemimpin Indonesia harapan rakyat dimasa depan .

13. zuni - September 9, 2007

rakom bahana smk dwipa FM Di surUh berhenti bersiaran oleh balmon wilayah sumatera barat, karena tidak memiliki izin siaran.
tepatnya 27 agustus 2007 yang lalu sekarang masih dalam proses perbaikan pemancar oleh teknisi

untuk informasi hubu. pak ali asman 08137421142

14. zuni - September 13, 2007

PADANG LULUH LANTAK

kawan-kawan rakom se-indonesia kita rakom di sumbar sedang mengalang kekuatan bersama untuk tindakan tanggap darurat sebelah barat pesisir barat sumatera,

maaf karena saya kurang dokumentasi dan informasi yang pas, karena saya baru pulang dari rumah sakit mengurus saudara kawan yang terkena kemalangan. jadi mohon maaf.

nanti insyaalloh aku kirim, dengan catatan warnet msaih buka, karena saya baru bisa mengandalkan warnet untuk memberikan informasi.

salam untuk semua

marzuni.
studio42c

15. ALI MASJKUR.ST - September 17, 2007

Kami Pengelola Radio Komunitas Pesantren MADU FM Campurdarat-Tulungagung. Jawa Timur. Salam Buat Temen-temen Rakom. akhir-akhir ini teman-teman Rakom Tulungagung resah sekali dengan pemberitaan akan ada Swiping setelah lebaran. Kami dan teman teman sudah mengirimkan Proposal ke KPID dan KPI sejak tahun 2004 sudah 9 Kali namun belum ada tanggapan, cuma dapat kertas penerimaaan proposal saja. mengenai kegiatan kami : http: madufm-campurdarat.blogspot.com

16. ALI MASJKUR.ST - September 18, 2007

salam buat teman teman. seandainya Teman JRKI Jatim Mengadakan acara tolong kami dari Radio Komunitas Pesantren Madu fm Campurdarat-Tulungagung jawa timur di beri informasi. aau mungkin mau mengadakan acara bisa di tempat kami : komplek PONDOK PESANTREN AS SAFI’IYAH SALAFIYAH MA’DINUL’ULUM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG HTTP:// madufm-campurdarat.blogspot.com

17. adi tHea - September 25, 2007

salam,,,

pakabar teman2 jrki semua di seluruh indonesia,.
radio komunitas harus terus di perjuangkan,.
mari bersama-sama pertahankan semangat kita semua untuk radio komunitas di indonesia,… semangat

ayo songsong fajar pembaruan
diudara sangkala tlah didengarkan
radio komunitas —–komunitas indonesia

udara milik kita, milik kita indonesia

18. ADI PUSPITA,SH - September 25, 2007

Dear JRKI…
saya setuju dengan ide pengalokasian 20% kanal untuk rakom dimasukan dalam peraturan pemerintah saja,jangan masukan dalam perda atau aturan dibawah PP,karena banyak dari oknum pejabat kita apalagi oknum aparat dilapangan yang bodoh membaca aturan hukum apalagi menerapkan dilapangan,,,,
saya pikir mereka taunya mempersulit rakom,kalau kita memiliki legitimasi kuat di aturan kita lawan juga dengan aturan yang mereka buat,mau taruhan berapa mereka sendiri tidak tau aturan yang mereka buat,,,
kuatkan barisan rakom untuk melawan kesewenang wenangan oknum aparat hukum diseluruh indonesia,,,
viva JRKI….

19. rasidibragi - Oktober 2, 2007

assalamualaikum dan salam sejahtera untuk kita semua. selamat menjalankan ibadah puasa bagi kaum muslimin dan muslimat.

rakom di NTB alhamdulillah sudah semakin berkembang. memang masalah frekwensi menjadi masalah sejak berdirinya rakom di bumi ku ini. pasalnya sebagaian besar rakom ntb menempati freksesni swasta. rakom di ntb bermain di frekwensi swasta bukan tidak beralasan, alasannya adalah kalau bermain di frekwensi rakom, mengganggu siaran tv khusnya rcti. karna di lombok rcti ada pada kanal 215an.
saya sendiri dari bragi fm dipanggil khusus balai monitoring terkait melanggar frekwensi swasta alias bermain di 102,9 M.Hz. saya katakan pada balmon bila bermain di frekwensi rakom mengganggu tv. dijawab perangkat anda tidak standar tdk bisa menekan kelipatan kelipatan itu. saya balik katakan, perangkat yang lebih jelek dari bragi fm bisa bermain di frekwensi rakom yaitu di 107,7 – 107,8 dan 107,9 seperti rekan2 kami di lombok utara, karena siaran rcti berasal dari daerah denpasar. rcti di lombok kenapa tidak bergeser ke alokasi yang di tentukan yaitu di uhf, kenapa masih nongol di vhf sebagaimana aturan yang ada. kami dijawab jangan menyalahkan yang lain, tapi bagaimana rakom bisa membuat perangkat yang standar. jawaban standar. standar. standar yang selalu kami terima sejak sosialisasi pertama kali uu penyiaran ini.
kami mencoba kompromi untuk mencari jalan keluar untuk mengusahakan alat yang standar dengan menghubungi tehnisi yang dia tunjukkan. akhirnya tehnisi tersebut saya hubungi dan berdiskusi, bersedia membuatkan perangkat yang bisa menekan kelipatan-kelipan frekwensi itu untuk di uji cobakan. namun sampai sekarang belum jadi.
suatu pertanyaan, apakah rakom yang milik rakyat sebagain besar hanya mendapat frekwensi yang sangat terbatas dengan modal yang terbatas. apakah lembaga penyiaran lain seperti tv rcti yang bermodal besar tidak bisa pindah segera sehingga kami bisa bermain di frekwensi rakom tanpa memperhatikan perangkat yang standar seperti sebagian rakom di lombok utara ?
salah satu jalan keluar yang yang ada dalam pikiran kami adalah melebarkan pengalokasian frekwensi rakom. setuju sekali 20%. artinya keadilan terhadap frekwensi rakom harus se adil adilnya. penegakan hukum harus tanpa pandang bulu. kesewenang wenangan terhdap rakyat kecil harus dicegah. yang perlu di perhatikan oleh pemerintah adalah bahwa rakom merupakan pemberdayaan masyarakat yang justru pemerintah wajib peduli dan melindungi rakom. bukan dianggap penghalang pembangunan atau hal yang negatif. Pemerintah perlu di advokasi agar melek terhadap rakom.
maafkan kami. kalau keluhan ini ada yang tersingguh. tapi niat kami untuk membangun ke arah yang lebih baik dan wujud partisipasi masyarakat yang ingin maju.
trima kasih. dan wassalam

rasidi/jrkw ntb

20. ADI PUSPITA,SH - Oktober 16, 2007

Dear JRKI…
memang kudu dibuat blog khusus advokasi buat rakom,,,untuk kepentingan anggota JRKI bertukar pikiran,mencari solusi hukum,memberikan masukan masukan penting untuk progress rakom kedepan,bagaimanapun itu penting…
buat teman teman rakom utarakan saja masalah yang ada dan jangan takut bakal ditangkap aparat,sepanjang kritik dan protes itu membangun dan realistis….
saya yakin banyak teman rakom seluruh indonesia bakal bantuin bila ada masalah nantinya….jangan diem aja,malah kesenangan oknum pemerintah bila didiamkan oknum aparatnya semena mena ma rakom,,,main gertak,main tangkap sembarangan….balas gertak lagi,ada jalur hukum yang dibuat untuk melawan mereka yang sok tau aturan hukum,sebenarnya bodoh dan tolol,baca aja gak bisa apalagi nerapkan aturan hukum,,,viva RAKOM dan viva JRKI….

21. ADI PUSPITA,SH - Oktober 17, 2007

BERITA VOICE OF HUMAN RIGHTS JAKARTA

Tolak Damai Balai Monitoring
Radio Komunitas Papua Terancam
23 Agustus 2007 – 13:1 WIB

VHRmedia.com, Sorong – Jaringan Radio Komunitas Papua menolak ajakan damai Balai Monitoring. Mereka menilai perdamaian hanya memuluskan langkah represif dan mengancam keberadaan radio komunitas.

JRK meminta Balai Monitoring konsisten menjalankan PP 38/2007 tentang Penyelenggara Penyiaran yang Tidak Berizin Diharuskan Menghentikan Siarannya (Off-Air). Aturan ini dikeluarkan dengan alasan sejumlah aktivitas penyiaran mengganggu frekuensi penerbangan dan menurunkan kualitas penerimaan radio siaran. Banyak juga penyelenggara penyiaran beroperasi tanpa memiliki izin stasiun radio (ISR) baik kanal sesuai master plan maupun mengambil jatah kanal wilayah lain.

Pemerintah meminta setiap lembaga penyiaran mesti memiliki izin penyiaran sesuai Pasal 11 dan 33 UU Telekomunikasi serta izin spektrum. Terjadi sweeping terhadap radio dalam koordinasi JRK ataupun yang lain. Bahkan, sejumlah radio komunitas telah disidangkan.

JRK menuding penyelenggara penyiaran yang memiliki kemampuan finansial kebanyakan lolos dari hukuman. “Yang memiliki kekuatan akses ekonomi kuat diloloskan. Kita minta (kasus ini) diteruskan,” kata Wakil Ketua JRK Papua Adi Puspita kepada VHRmedia, Rabu (22/8) petang.

Maret lalu Balai Monitoring mengirim surat perdamaian kepada JRK Papua. Adi Puspita menyatakan telah dua diajak berdamai. Radio komunitas yang terkena sweeping antara lain Delta FM, RAP FM, BBS FM, Mentar FM, Unity FM, Elmarko, Dian Mandiri, Quba FM, dan pemancar Metro TV.

Tanggal 16 Agustus lalu JRK menuntut balik Kepala Balai Monitoring Papua, Henry Pardede, dengan tuduhan penyalahgunaan wewenang. Pegiat radio komunitas menuding ajakan damai di luar hukum. Gugatan sampai saat ini belum ditindaklanjuti Polresta Sorong, Papua. Adi menduga ajakan berdamai itu karena Balai Monitoring tidak berani menindak sebuah radio milik pejabat di Sorong. (E5)

22. erie INISIATIF - Oktober 22, 2007

ass wbr. ahallo temen2 seperjuangan saya sara pribadi mengucapkan selamat Hari raya Idul fitri 1428 H..taqoballohu minna waminnkum……mohon maaf lahir dan batin.

23. Dadang Sudardja - Oktober 25, 2007

Alhamdulillah…..senang sekali saya melihat web nya JRKI. Salut dan hebat. Semoga ini bisa menjadi tempat untuk saling berbagi dalam mewujudkan visi dan upaya membangun sebuat tatanan perikehidupan yang berkeadilan dan demokratis. Tentunya media ini bisa dijadikan tempat belajar dan sharing pengalaman. Karena pengalaman adalah guru yang terbaik. Banyak hal yang bisa dilakukan walaupun dengan berbagai keterbatasan HIDUP JRKI ….Insya Allah saya akan mencoba mengisinya dengan apa yang saya ketahui dan miliki, terutama tentang lingkungan hidup.
Salam buat Keluarga Kecil JRKI dimana saja berada.
Jangan merasa lelah untuk berjuang. Karena pada dasarnya kita ditugaskan untuk berjuang sebagai hamba yang harus mengabdi pada TuhanNYA. ( Bagi yang merasa punya Tuhan he he he)
Sukses. ( Bowo, Iman, Gagan dan kawan-kawan semua)

Ua Dadang

24. yonathan - Oktober 30, 2007

hello
slm kenal nm sy yonathan dr rakom yoka.
km br slesi membangun radio, thnks buat mas sugeng dan mas jati dari vhr yang mau bantu kami.
oh yah kami mohon diberitahukan teknik menyusun program siaran/ thanks yah sebelumnya.

25. adi tHea - Oktober 31, 2007

salam komunitas,..

Selamat Kepada Jaringan Radio Komunitas Sulawasi Tenggara (JRK-SULTRA), yang sudah mendeklarasikan pada tanggal 30 oktober 2007 di kendari SULTRA dan kepada ketua terpilih sdr. Darwis dr radkom Cemara Kab. Kolaka.
semoga Rakom di Sulawesi Tenggara lebih maju lagi,
hidup Radio Komunitas,….

wassalam

adi tHea

rudi - April 12, 2010

Assalamu alaikum,salam swara konawe 1045 fm,tolong bimbing kami kami

26. Tedi iyeng - November 22, 2007

Kawan-kawan JRKI, tulisan dibawah ini saya sadur dari salah satu media di Jawa Barat, harus ada sikap yang kita ambil dalam menyikapi tuduhan-tuduhan tak bertanggung jawab, saatnya kita melakukan perlawanan karena kita memiliki hak untuk mendorong para pemangku kebijakan mengerti arti demokratisasi komunikasi.

Maraknya Radio Pemancar, Turunkan Kualitas Siaran
BANDUNG, (PR).-
Euforia otonomi daerah mendorong bermunculan radio pemancar di banyak daerah. Keberadaan radio-radio pemancar tersebut, menyebabkan turunnya kualitas siaran karena penempatan kanal pada spektrum frekuensi radio saling tumpang tindih.
Kasubdit Penataan Frekuensi Ditjen Postel Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) Denny Setiawan, M.T. mengungkapkan hal itu, dalam workshop Komunikasi Radio ”Peran Komunikasi Radio dalam Upaya Merajut Wilayah Nusantara” di auditorium Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Jln. Dr. Djundjunan, Bandung, Selasa (20/11). ”Karena euforia otonomi daerah, muncul sistem broadcast yang menjamur. Hal itu berpengaruh pada terganggunya frekuensi,” katanya.
Menurut Denny, pengelolaan spektrum frekuensi radio dari batas bawah sampai batas atas, sudah ditetapkan secara global dalam International Telecommunication Union (ITU) Radio Regulation. Hal itu, tercantum dalam UU No. 36/1999 tentang Telekomunikasi, PP52 dan 53/2000 serta peraturan teknis lainnya.
Menurun
Hal senada diungkapkan Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit Klass II Bandung Drs. Sarjono, M.M. Berdasarkan pengamatannya, kualitas siaran di Kota Bandung mengalami penurunan sejak 5 tahun ini. ”Bermunculannya radio pemancar, menyebabkan spektrum frekuensi radio sebagai sumber daya yang terbatas menjadi terganggu,” ujarnya.
Tahun 2007, kata Sarjono, ditemukan kira-kira 30 radio pemancar yang melakukan pelanggaran. Jenis pelanggaran itu antara lain, melakukan siaran tanpa izin dan mengganggu kanal frekuensi radio milik pihak lain. ”Biasanya, kami lakukan pembinaan sambil membenahi spektrum frekuensi radio. Jika tetap melakukan pelanggaran, maka kami serahkan pada proses hukum,” katanya.
Dijelaskan Sarjono, dengan monitoring, gangguan/interferensi, baik skala lokal, regional, nasional maupun internasional, akan ditangani sebagai jaminan bahwa stasiun legal dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, untuk menjaga kualitas penerimaan stasiun radio/televisi siaran sesuai dengan wilayah layanannya.
Khusus penempatan radio penyiaran, kata dia, akan ditertibkan dalam bentuk master plan pembagian frekuensi yang bisa diimplementasikan sampai titik setiap area di daerah.
Sedangkan untuk mempertegas pembagian kewenangan pemerintah pusat dan daerah, ditetapkan PP No. 38/2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota. Kewenangan pengisian spektrum frekuensi radio dikembalikan ke pemerintah pusat tanpa mengurangi andil pemerintah daerah.

27. Nurhayati kahar(Uni Yet) - November 23, 2007

teman teman rakom semua dan khususnya rekan rekan pengurus JRKi tolong kirim info terbaru sudah berapa rakom yang telah keluar izinnya dan biayanya berapa untuk pedoman kawan kawan rakom di sumbar dalam proses perizinan.
Trims ya

28. ALI MASJKUR.ST RADIO KOMUNITAS MADUFM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG - November 24, 2007

Kawan kawan rakom terutama JRKI munkin punya data angota Rakom JRK Jatim yang udah ada di JRKI . kalau bisa mohon kami dikirimi untuk pendataan tan mau kami hubung . dengan harpan bulan desember awal Kita JRK jatim mau mengadakan pertemuan .
terima kasih

29. radiomadufm - November 26, 2007

Halo teman teman kami dari radio MADUFM Trenggalek yang terletak di pesisir Pantai selatan yang berdiri dalam naungajn Kelompok Nelayan Pantai Prigi dan sudah mengudara selama 4 tahun. Kami belum pernah mendapatkan informasi informasi mengenai Jaringan Komunitas selain dari Radio Komunitas MADU FM Campurdarat- Tulungagung. Kegiatan kami banyak sekali yang langsung berhubungan dengan masyarakat dan nelayan misalnya memebrikan informasi atau laporan langsung di tempat pelelangan Ikan secara Live, mengadakan penyuluhan , kerjasama dengan pihak desa, Dinas kesehatan , Kepiolisian dll. Seperti Tiap awa Tahun atau Tahun Baru daerah Wisata Pantai Prigi sangat ramai dikunjungi Wisatawan sehingga Kami bersama Teman teman lewat siaran radio memebrikan informasi seputaran keadaan jalur menuju Pantai Wisata. dan ini sangat bermanfaaat sekali . Namun semua itu memang butuh perjuangan dan ke iklasan demi berlangsungya radio kami. Meskipun dengan perangkat seadanya kami terus berjuang untuk tetap bisa melayani komunitas kami dalam meberikan informasi dan pembelajaran Demokrasi. Terus terang daerah kami letak Geografisnya memang pegunungan sehingga tidak bisa menerima siaran TV dan LL. sehingga Radio MADU FM PANTAI PRIGI sangat bermanfaaat. Harapan kami dari JRK I atau temen temen bisa memberikan informasi atau tabloid kepada kami , terus terang kami sangat terbatas. Karena memang semua dana dari komunitas kami dan sangat pas pasan. terima kasih

MASRONI
Penanggung jawab Umum Rakom MADU FM PANTAI PRiGI Trenggalek

email : madufm_prigi@yahoo.co.id
web http://www.radiomadufm.com
webblog http://www.madufm.multily.com

30. achmad ubaidi - Desember 7, 2007

JRK wadah untuk menuju ke kebersaman membangun kreatifitas anak negeri. mari mempererat hubungan antara rakom untuk saling bertukar pengalaman dan informasi yang ditujukan untuk miningkatkan sumber daya manusia dan pola pikir yang lebih kedepan dalam menyonsong kehidupan yang lebih baik. salam sejahtera semua. DOBRAK kasembon malang

email : ksbfm@yahoo.co.id
mobil phone :081333678588 .

31. Ali Masjkur.ST - Desember 15, 2007

Tulungagung, Bencana puting beliung kembali melanda Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Akibatnya, ratusan rumah warga enam desa di Kecamatan Pakel mengalami kerusakan. Hingga kini, Pemkab Tulungagung bersama warga masih melakukan pembenahan rumah-rumah warga yang jadi korban puting beliung.
‘’Setelah terjadi puting beliung, warga desa kami sibuk melakukan pembenahan rumah. Masalahnya, ratusan rumah warga rusak diterjang angin kencang. Genting-genting rumah sama rontok dan atap rumah juga jebol,” ujar Kepala Desa Desa Suwaluh, Kecamatan Pakel yang juga pengurus Banser yang rumahnya berada di sekitar kantor balai desa Suwaluh, Sabtu (15/12) Dari Teman-Teman Radio Komunitas Di Tulungagung langsung kelapangan menginformasikan di media komunitas dan ada yang kelapangan membantu perangkat desa dalam pendataan.

32. Iwan Kurniawan E - Desember 18, 2007

Buat teman – teman rakom yang sudah menerima format Data Base dari JRK wilayahnya dan belum mengisi dan mengirimkanya kembali ke JRK wilayahnya kami dari JRKI mengharapkan untuk segera mengirimkanya kembali, bisa juga langsung mengirimkanya ke JRKI lewat POS, FAX, atau email.terima kasih atas perhatianya.

33. Iwan Kurniawan E - Desember 18, 2007

Dari beberapa rakom yang ada di Jawa Barat, di musim hujan ini ada rakom yang terkena petir, dan rakom harus extra hati -hati tatkala hujan datang yang biasanya di barengi dengan petir, biasa petir menyambar lewat antena dan ini harus di perhatikan juga oleh teman-teman rakom lainya yang ada di wilayah.

34. Budi Supriyatno - Desember 24, 2007

Halo semua teman-teman JRKI.. saya seorang penggiat sebuah rakom di Depok-jawa barat , saya adalah salah satu korban penipuan dari sdr. Beben/ Ade Risben Lubis pemilik dari DEC-BEBEN yg berlokasi di Bandung.Kira-kira 1 bulan yang lalu saya memesan kit booster FM dan antenna,uang utk pembelian sudah saya transfer via rek. BCA atas nama ADE RISBEN LUBIS…tapi sampai saat ini barang yg saya pesan belum juga datang,sudah saya hubungi via tlp tapi jawabanya selalu plintat plintut…saya sangat menyayangkaan peristiwa ini,padahal dia(beben) yg memasang iklan di internet tapi tdk bertanggung jawab.
Mudaha-mudahan hal seperti ini tdk terjadi lagi pada semua rekan-rekan penggiat RaKom …terima kasih..wasalam ..Budi…

35. nurhayati kahar - Desember 30, 2007

Selamat tahun baru dan semoga lebih sukses mdi 2008 ini buat teman teman rakom dan adik adik di JRKI
uni mendoakan semoga dengan pergantian tahun ini rakom makin menggeliat dan pemerintah lebih memberi ruang yang lebih luas untuk rakom dalam pemakaian kanal dan persoalan perizinan yang belum juga berpihak kepada rakom ada perubahannya karena rakom ada demi mencerdaskan komunitas akar rumput yang identik dengan segala kekurangan
semoga………

36. Budhi Hermanto - Januari 7, 2008

Dear All,

Terkait dengan rencana perubahan/revisi KM 15 tentang masterplan frekuensi, sejumlah teman (LSM, Penggiat Media Komunitas, Akademisi, dan JRKI) akan berdiskusi untuk mengusulkan materi perbahan KM tersebut difasilitasi Pak Henry Subiakto di ruang staff ahli menkominfo pada tanggal 9 Januari 2008 besok.

Sebagaimana issue yang berkembang, Depkominfo melalui Postel sedang menyusun perubahan KM 15 tentang masterplan frekuensi, dimana salah satu “bocoran” dalam draft yang beredar adalah kanal bagi radio komunitas akan hanya tersisa 2 (dua) kanal, yakni kanal 202, dan 203. Konon, kanal 204 dihilangkan karena dekat dengan frekuensi penerbangan.

Hal tersebut tentu gak bisa dibiarkan, harus ada upaya kongkrit semua pihak yang peduli dengan lembaga penyiaran komunitas agar Rakom tidak semakin tersisihkan. Untuk itu diusulkan perubahan KM tersebut karena berbagai alasan :

Yuridis, Munculnya lembaga penyiaran komunitas dalam UU No. 32/2002 merupakan kehendak public yang sesuai dengan prinsip demokratisasi, sehingga ia layak mendapatkan perlakuan yang sama dengan lembaga penyiaran swasta dan public, khususnya dalam memperoleh alokasi frekuensi FM. Ketentuan dalam pasal 5 KM 15/2003 sangat diskriminatif terhadap radio komunitas, sebab ia hanya diberi kanal secara tetap dan terbatas di 202, 203 dan 204. Sementara itu radio penyiaran swasta dan public mendapat alokasi kanal yang sangat luas dan tidak tetap/fleksibel, dari kanal 1 hingga 201. Pertimbangan hukum yang diacu dalam penentuan jatah kanal tersebut tidak jelas, tidak sesuai dengan UU No. 32/2002 dan hanya mencerminkan akomodasi atas kemauan pasar penyiaran komersial dan proteksi atas penyiaran public yang belum tentu terjamin efektif sebagai media public.

Sosiologis, KM-15 tahun haruslah menjadi regulasi yang dinamis sesuai dengan perkembangan terkini. Dengan keberadaan radio komunitas yang semakin meningkat dari segi kuantitas dari tahun 2003 sampai tahun 2007, seharusnya aturan yang dibuatpun menyesuaikan dengan perkembangan jumlah radio komunitas saat ini. Adanya realitas geliat masyarakat radio komunitas yang menggunakan kanal lain diluar yang ditetapkan karena kanal yang ada untuk radio komunitas sudah tidak mencukupi. Dengan minat baca masyarakat Indonesia yang rendah, radio komunitas menjadi media yang mencerdaskan masyarakat.

Geografis, Negara Indonesia yang memiliki wilayah secara geografis tidak sama, khususnya perbedaan yang mencolok antara daerah di pulau Jawa dengan luar Jawa, adalah tidak relevan apabila kebijakan yang diambil tidak mempertimbangkan keragaman geografis tersebut.

Politis, Radio komunitas berperan dalam memberikan kontribusinya pada pendidikan politik bagi warga Negara Indonesia. Sehingga keberadaan dan keberlanjutan radio komunitas jangan dibelenggu oleh regulasi seperti KM-15/2003 yang diskriminatif bagi radio komunitas

Usulan perubahan itu ada beberapa opsi :

Pertama, radio komunitas diberi alokasi frekuensi yang terbatas, namun tidak hanya 3 atau bahkan 2 kanal. Minimal 10 kanal, misalnya khusus radio komunitas menempati frekuensi 107.0 hingga 107.9 FM (10 kanal=5% dari total kanal yang tersedia dai 87.5-108 FM).

Kedua, selain di FM radio komunitas boleh menempati kanal yang tersedia/kosong pada AM.

Ketiga, alokasi frekuensi radio komunitas 20% dari total kanal yang tersedia. Turunan 20% kanal bagi radio komunitas juga harus tersebutkan dalam lampiran materplan frekuensi. Sebagai contoh; di Kabupaten/Kota A tersedia 6 kanal untuk radio kelas C dengan ERP Mak 4 kW/12 km (dari pusat kota) dengan jarak antar kanal 800 Mhz = 88.5 FM, 89.3 FM, 90.1 FM, 90.9 FM, 91.7 FM, dan 92.5 FM, maka radio komunitas dapat menempati kanal yang kosong antara 89.3 FM sampe 90.1 FM yakni 89.4 FM, 89.5 FM, 89.6 FM dan seterusnya, pada wilayah tertentu yang telah diukur secara teknis tidak mendapat interferensi dari frekuensi radio swasta atau sebaliknya. Atau bisa juga radio komunitas menempati frekuensi diatas 92.5 FM. Sehingga penentuan frekuensi bagi radio komunitas sama persis dengan penentuan frekuensi bagi radio swasta/public. Perbedaaanya hanya pada ERP dan daya pancar yang low power.

Keempat, turunan alokasi frekuensi sebagaimana tersebut diatas tidak dibatasi prosentase 20%, tapi berdasar pengukuran teknis (tidak terinteferensi atau menginterferensi siaran lain) maka radio komunitas bisa menempati kanal yang tersedia di sela-sela alokasi frekuensi bagi radio swasta/public. Sehingga sangat dimungkinkan pada setiap wilayah kecamatan di Indonesia tersedia kanal bagi radio komunitas. Implikasinya, radio komunitas hanya bisa menempati kanal yang telah tersebutkan dalam masterplan frekuensi. Bila disatu kecamatan ada 2 atau lebih radio komunitas, maka system re-use frekuensi menjadi jalan tengahnya.

Demikian rangkuman gagasan hasil diskusi yang saya rangkum dari pembicaraan dengan beberapa teman sebagai usulan kepada menkominfo terkait rencana perubahan KM 15 tahun 2003. Jika usulan tersebut tidak satupun diakomodasi, maka dipertimbangkan untuk melakukan gugatan judicial review revisi KM 15 ayang akan dilakukan Depkominfo. Gugatan judicial review dialamatkan pada Mahkamah Agung. Soal kalah atau menang, belakangan.

Mohon tanggapan, masukan dan ide dari teman-teman lain.

Tabik,

Budhi Hermanto

37. tedi Iyeng - Januari 9, 2008

saya sepakat dengan hasil diskusi kawan-kawan untuk menodorong perubahan isi KM 15 tahun 2003 terutama dalam hal pengalokasian frekuensi. pengalokasian kanal di 202 sampai 204 untuk radio komunitas jelas-jelas mempersempit keberadaan radio komunitas untuk melakukan aktifitas siarannya,belum lagi dengan keadaan wilayah yang berbeda di seluruh indonesia. permasalahannya saat ini apakah responsif pemerintah melalui UU 32 tahun 2002 yang diturunkan melalui PP dan KM 15 adalah kesungguhan atau alih-alih permasalahan?
apabila kita melihat lagi isi dari KM 15 tahun 2003 pasal 4 ayat 4 “Radio siaran kelas D sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 3 ayat (2) diperuntukan bagi radio siaran komunitas sepanjang secara teknis memungkinkan”. saya melihat ada keengganan dari pemerintah yang mengurusi udara untuk mempelajari lebih jauh Radio komunitas, terbukti dengan kalimat “sepajang secara teknis memungkinkan” berbeda dengan Radio siaran kelas A, B, dan C yang mendapatkan perlakuan lebih.
padahal jelas dalam UUD 45 pasal 33 ayat 3 “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.”
apabila disandingkan dengan KM 15 sangat jelas terlihat bahwa negara sebagai regulator hanya memberikan kesempatan bagi para pemilik modal untuk menikmati kekayaan alam yang dimiliki , sementara masyarakat yang memilki keinginan untuk mencerdaskan dan mewujudkan demokrasi dalam tatanan kehidupannya terganjal hanya karena segelintir orang. Pantas apabila masyarakat berteriak “frekuensi milik allah”.
terakhir apabila usulan hasil diskusi kawan-kawan tidak ditanggapi serta judicial review mentok. ngak ada salahnya melakukan gerakan radikal, kita bangun kekuatan untuk merebut alokasi frekuensi yang layak bagi Radio Komunitas.
Progresive lah kawan-kawan, kita butuh itu!

38. anto anggara - Januari 9, 2008

2 hari lagi aku akan siaran di salah satu radio swasta di semarang. saya mencari tahu tentang penggunaan jasler radio di internet kok sulit banget kenapa ya aku kok jadi bingung. untuk dasar penggunaan nya sih tau tapi untuk menjadi seorang penyiar profesional apa gak boleh cari tau. dan salam aja buat yang inggin jadi penyiar radio sukses abis ya tapi kamu juga gak asal ngomong lo harus belajar apa itu radio ok

39. solekhan/aan - Januari 10, 2008

selamat sianng radio madufm yag makin madis semanis madu : dengan dibukanya peta informarsi global.maka kita semua hanya tinggal menyikapi informasi itu untuk hal positif. Agama adalah beteng utk mental kita. untuk itu informasi teknologi merupakan informasi nyata dalam segala hal selamay untuk madu fm campurdarat tulungagung kembangkan terus visi dan misimu jaya diudara. salam terbaik tentunya utk kita semua.

40. A'an - Januari 10, 2008

Selamat tahun baru muharam
dengan tahun baru ini marilah kita untuk belajar dan slalu belajar dalam kontek perkembangan informasi & teknologi. ternya informasi yang berkembang saat ini sangan pesat sekali. Apakah kita sadar bahwa dengan teknologi semua trasa dekat dan mudah dalam segala bidang namu juga terasa berat bagi saudara kita yang belum terjangkau IPTEK. dengan demikian kita sangat patut bersyukur pada Allah yang telah memberikan, membuka pikikran kita untuk segera tau berbagai perkembangan yang ada ini. Akan tetapi kita harus sadar bahwa IPTEK itu sendiri datang dari mana. Perlu kita sadari bersama bahwa informasi Global seperti ini datang dari negri lain. Apakah kita sudah mampu menciptakan teknologi, kita belum mampu namu kita hanya mengoprasikanya. mudah2an kita akan lebih bangkit janganlah kita sebagai bangsa yang hanya sebagai Konsumen. bukan pemroduksi. trimakasih

41. bonnie - Januari 15, 2008

Bagaimana menjadi anggota JRKI? Mohon informasinya kirim e-mail bonnie_pandelaki@yahoo.com terima kasih

42. Sudari - Februari 5, 2008

Saya tecknisi radio komunitas pendidikan yg mana keberadanya sangatlah jauh dari kurang. Kami mengandalkan diri kami untun hidupnya radio tsb. Bagimana cara menghidupi radio tsbt, kalau peraturanya msh seperti itu. D daerah kami .garut. Penyelengara rakom pendidikan belum dapat perhatian dr dinas terkaitnya. Malah terkesan tidak tau menau. Padahal satu2nya jembatan informasi yg ada. Sedangkan countur geo d kami pegunungan dan jarak dr ibukota kab. Sekitar 135km arah selatan. Mari gabung untuk kemajuan bersama.

43. achmad ubaidi - Februari 8, 2008

KSBFM Kasembon malang Jatim
Banyak diantara rekan rekan kita Yang baru Mendirikan Rakom dalam hal ini mengenai Perangkat Pemancar fm . selalu ada yang tergiur iklan pemancar lokal yang menjual paket dengan cara DP 70% tranfer ke bank Hal ini sering disalah gunakan untuk tempat bisnis penipuan. mas Budi supriyatno salah satu korban. kami sangat prihatin melihat kejadian ini.supaya tidak terjadi pada rekan yang lain. kami berharap JKR saling tukar informasi masalah tehnis perangkat pemancar fm dll. kami dari KSBFM kasembon malang siap membantu rekan rekan untuk Konsultasi mengenai Pemancar fm . email :ksbfm@yahoo.co.id

44. radio madufm - Februari 9, 2008

wah sayalama ngak masuk sini kangen rasanya. salam selalu buat temen – temen semua dan sukses selalu dan buat mas aan terima kasih. dari kami radio komunitas Madufm Campurdarat Tulungagung Jawa Timur.
arek deso cak.

kunjungi ya: http://www.radiomadufm.com

http://madufm.multiply.com

email : madufm_1077@yahoo.co.id

45. LCPalace.com - Februari 18, 2008

http://www.LCPalace.com, saat ini sedang mencari komunitas yang membutuhkan media web forum untuk saling berinteraksi antar anggotanya. kami akan memberikannya secara GRATIS.

sebagai contoh bisa di lihat pada

http://narARTpidana.lcpalace.com

46. radio madu fm campurdarat Tulungagung - Februari 26, 2008

wah gimana kabarnya temen temen JRK jatim dan radio komunitas jatim … kabar terbarunya….

http://www.radiomadufm.com

madufm_1077@yahoo.co.id

47. KSBFM KASEMBON MALANG - April 9, 2008

ksbfm kasembon menyambut baik akan rencana pertemuan jrki yang rencananya akan diadakan di tulunngagung bulan depan. kami berharap untuk radio komunitas sejatim ikut ambil bagian dan hadir di acara tsb.informasi kami dapatkan dari bapak ALI MASKUR radio madu fm campur darat tulungagung. semoga nantinya bisa memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan untuk semua rakom yang hadir dalam acara tsb.

salam rakom
Achmad U

http://www.ksbfm.blogspot.com

48. putro - April 10, 2008

Selamat Pagi,
“Mari Berwirausaha”
“Peluang Bisnis”
“FlashEvoucher GPRS”
Bisnis Pulsa via GPRS… Biaya transaksi yang sangat murah, kecepatan transaksinya juga sangat tinggi, menu fiturnya lengkap dan terpadu,serta didukung oleh sistem keamanan yang bertingkat.
Murah,Cepat dan Menguntungkan..
Kami membuka penawaran untuk menjadi Dealer Resmi kami.
“Syarat Gampang..Tanpa Biaya..”
Sudah siap untuk menjadi seorang Enterpreneur???
Hub:Putro(085227963771)
Email:putro@cendana2000.com
u/info http://www.cendana2000.com
Salam..

49. vie - April 17, 2008

salam kenal..! saya salah satu pencinta radio komunitas di bogor, punya problem mengenai standarisasi pesawat (pemancar) radio. please share..!

50. vie - April 17, 2008

mail me

51. vie - April 17, 2008

mail me at vie299@gmail.com

52. dimas - April 18, 2008

Saya dipercayakan oleh kelurahan tuk bikin RadKom, mungkin ada yang bisa bantu,temen yang tau syarat2 pendiriannya, sekarang radionya sudah percobaan ON Air, walau sulit karena frekwensinya dijepit oleh 2 radio yang mengaku radio komunitas tapi dengan tower 80 meter dan antena seira 8 buah, trus gimana caranya bisa jadi anggota JRKI wilayah Jatim. Mohon Infonya, Trima kasih.

53. dawud - April 19, 2008

Kawans, saya berencana membuat radio komunitas untuk sebuah yayasan pendidikan di kabupaten jember jawa timur. Tapi saya mengalami kesulitan untuk mendapatkan peralatan pemancar dan plafon harga, serta tempat mendapatkannya/membelinya.Saya butuh informasi mulai dari spesifikasinya hingga harganya.Bahkan jika mungkin, dimana tempat paling dekat dengan jember atau di jember sendiri untuk mendapatkan perangkat tersebut.
Budget saya sekitar Rp7,5juta, minus tower dan komputer.
Jika ada yang tahu ttg informasi yang saya butuhkan, mohon dikirim ke email saya : nagakecil2000@yahoo.com atau nagakecil2000@gmail.com
Setelah radio komunitas yang saya rencanakan sudah berdiri, saya juga berencana bergabung dengan jrki.

Terima kasih sebelumnya.
Salam,
dawud

54. Denis Adrian - April 22, 2008

Saya Ingin sekali membangun sebuah stasiun radio sendiri tapi saya masih awam banget tentang radio. mohon pencerahannya dong bagi para pembaca yang baik hati

55. ADI PUSPITA,SH - Mei 6, 2008

Gmana kabar pak yoris dan pak irman juga teman teman JRKP juga JRKI …
da gak ada kabarnya lagi nih,,,no hp nya ilang semua jadi gak bisa kontak….
hubungi aja ke no ku 085228828882….juga 0817782282,,,thanks JRKI….

56. ADI PUSPITA,SH - Mei 6, 2008

Gmana kabar pak yoris dan pak irman juga teman teman JRKP juga JRKI …
da gak ada kabarnya lagi nih,,,no hp nya ilang semua jadi gak bisa kontak….
hubungi aja ke no ku 085228828882….juga 0817782282,,,thanks JRKI….

57. Paradis fm - Mei 21, 2008

Yg semarang atau jawatengah ada nggak? Kok jatim melulu. Saya juga mau diskusi lho

58. radio Komunitas Madufm - Juni 13, 2008

saya sangat setuju sekali dengan kawan dari radio madufm, tentang ke aktifan pengurus JKRI, JRKT. sepengetahuan saya para pengurus kelihatan pasif dan kurang aktif. padahal kawan-kawan radio komunitas sangat membutuhkan informasi tentang komunitas dari para pengurus. terutama radio komunitas yang ada di pelosok-pelosok daerah. kami juga ingin di beri informasi atau bahkan di libatkan, selama ini hanya temen-temen pengurus saja yang mendapatkan informasi tanpa mau memberikan info ke temen yang lain. saya lihat para pengurus juga jarang yang on. gimana mau menghubungi kalo para pengurusnya pada ngumpet. ini hanya masukan untuk temen-temen pengurus. demi kemajuan radio komunitas. dengan harapan radio komunitas tetap jaya di langit
jangan marah ya para pengurus “maju perut pantat mundur”.

salam

59. ipenfm - Juni 21, 2008

temen2….bantu sy dunk….gimana cara bikin radio komunitas sih? di tempat sy, pekanbaru baru ada 1, yaitu Radio komunitas jawa. Sy mo bikin radio komunitas,tp gak ada modal. Kabarnya modalnya 30 jt? Ngajak temen2yg se-ide,tp pada kere semua. Sedih dah……..hasrat menggebu tapi gak ada modal…ihik…ihik….udah punya radio streaming seh di tempat kerja di http://radio.labschool-pku.net/,mo bikin yg fm di tempat kerja juga gak punya modal. Mo punya fm sendiri? boro-boro deh………..

60. ipenfm - Juni 21, 2008

temen2….bantu sy dunk….gimana cara bikin radio komunitas sih? di tempat sy, pekanbaru baru ada 1, yaitu Radio komunitas jawa. Sy mo bikin radio komunitas,tp gak ada modal. Kabarnya modalnya 30 jt? Ngajak temen2yg se-ide,tp pada kere semua. Sedih dah……..hasrat menggebu tapi gak ada modal…ihik…ihik….udah punya radio streaming seh di tempat kerja di http://radio.labschool-pku.net/,mo bikin yg fm di tempat kerja juga gak punya modal. Mo punya fm sendiri? boro-boro deh………..

61. KSBFM KASEMBON MALANG - Juni 22, 2008

salam sejahtera
kami dari radio ksb fm kasembon malang jatim siap membantu rekan – rekan yang baru mindirikan RADKOM dalam hal tehnik pemancar fm dan tehnik antenna pemancar.
hub.ombhot hp 081318459472
email : ksbfm@yahoo.co.id

62. SYAM - Juni 23, 2008

Yang dari semarang kami SAM BROADCAST asli semarang membantu anda yang akan mendirikan radio komunitas,produk kami=PEMANCAR FM special radio komunitas dengan harga murah,PEMANCAR TV,ANTENA,TOWER,atau konsultasi ttg radio komunitas,segera hub.kami=SYAM=085226140989,FLEXI=02470567599,FREN=088802411389,JL.KERUING BAEAT DALAM 1,NO=84 BANYUMANIK-SEMARANG 50263

63. RADIO MADUFM CAMPURDARAT - Juni 27, 2008

halo temen temen gimana kabarnya.. eh untuk temen temen komunitas yang udah Verifikasi dan edp kasih tahu donk apa yang di persiapkan . ini kayaknya Jawa Timur udah mulai ada yang Veri fikasi . kemarin saya dapat telpon mulai tanggal 2 juli 2008 kalau ngak mundur ..
salam dari kami radio komunitas madufm campurdarat

http://www.radiomadufm.com

strimeng : http://live.radiomadufm.com:8550/listen.pls

64. syam - Juni 28, 2008

maaf,saya awalnya dulu dari penggiat radio komunitas sebelum undang2 no.32 th2003 ditetapkan,saya yang membantu perakitan radio kampus polines/politeknik negeri undip dulu namanya PLBS FM,wkt itu di frek.106,85MHz dan radio UNDIP dulu namanya DBS FM,DULU WKT TH 1992 dan beberapa radio komunitas lainnya di semarang dan jawa tengah sampai sekarang juga membantu utk radio komersial dan tv komersial lokal di indonesia makanya utk tmn2 radio komunitas ijinkan saya turut membantu yg mengalami kesulitan dalam hal pemancar fm,am dan alat2 electronic broadcast lainnya,produk kami=exciter,boster tube,solid state,pll oscilator,encoder stereo,antena,tower dll,hub.kami SYAM=085226140989,FLEXI=02470567599,FREN=088802411389,JL.KERUING BARAT DALAM 1,NO=84 BANYUMANIK-SEMARANG 50263,SEMOGA MAKSUD BAIK KAMI BISA MEMBANTU ANDA,TERIMA KASIH

65. FER - Juli 14, 2008

Ini alamat email radio KITA.

eLbajo_fm@yahoo.co.id

Radio ini adalah RADIO KOMUNITAS dengan visi dan misi KONSERVASI

selanjutnya ksmi menanti saran dan keritik serta masukan untuk keberlangsungan radio KITA BERSAMA. dengan Range Power 60 watt serta coverage area tangkap meliputi Kota Labuan Bajo dan sekitarnya, Pulau seraya,Pulau Boleng, dan sebagian Pulau Mesa.

Rencana kami ke depan akan menambah beberapa perangkat pemancar tambahan sebagai penguat dan pengulang signal untuk dapat menjangkau lebih jauh lagi.

Tentang Perijinan masih dalam proses.

Semoga Tuhan selalu memberikan anugerah terindah buat kita semua, Amin

Best Regards,

FERRI ADU & ROCKY

Contact Person :

Ferri : 081339148771

Rocky :081353808100

66. FER - Juli 14, 2008

Kami dari KOMODO mau menanyakan apakah proses perijinan kami bisa dibantu oleh teman-teman dari JRKI Pusat, karena kami yakin jika proses perijinan kami ajukan melalui daerah yang pasti agak telat mas,……tentang kelengkapan administrasinya akan kami kirimkan by email atau lewat pos saja,
Mohon masukannya.
Trims.
FER

67. SYAFEI - Juli 19, 2008

BWT YANG MO BIKIN RADIO KOMUNITAS COBA TELP KE 0251 7533108

68. MUSTAKIM JRK-SUL TENGGARA - Juli 28, 2008

SALUT BUAT TEMAN-TEMAN. MAAF KAMI BARU GABUNG MUDAH-MUDAHAN INI AWAL KEBERSAMAAN YANG BAIK . SAYA SARANKAN BEGINI :
1. TIAP-TIAP JRK DI DAERAH PUNYA KEGIATAN YANG BISA BUAT EKSIS JRK, INI PENTING AGAR JRK DAERAH DAPAT DIPERHITUNGKAN DALAM PROSES-PROSES YANG MEMBESARKAN MASYARAKAT KITA.
2. ANGGOTA RADKOM DALAM JRK DI DAERAH SEBAIKNYA ADA IDENTITAS SEHINGGA LEBIH MUDAH DI KENALI.

STRATEGI INI NANTI KAMI AKAN COBA DI SULAWESI TENGGARA. MAKSIH TEMAN2….SALAM KOMPAK DARI SUL – TENGGARA.

69. Dwi Hartanto - Agustus 19, 2008

AIRCOM.

Kami menyediakan spare part dan aneka modul pemancar FM:
exciter, stereo coder, boster, antenna, dll
memenuhi semua kebutuhan anda dengan harga terjangkau
Sangat cocok untuk radio komunitas atau radio komersial yang ingin menekan modal awal.

Untuk informasi lebih lanjut:
Kunjungi web-site kami: http://www.aircom-rf.com atau email ke: info@aircom-rf.com

SPECTRA BROADCAST EQUIPMENT.
Produsen perangkat pemancar FM, Exciter FM, Booster, RF Power Amplifier, dll
Perangkat siap pakai dan bisa digunakan langsung untuk siaran.

Sangat cocok untuk radio komunitas atau radio komersial yang ingin menekan modal awal.

Kunjungi website kami: http://www.spectra-be.com atau email ke:
sales@spectra-be.com

70. edi - September 5, 2008

SALAM Bahagia kepada semua tema-teman melalui web ini saya perkenalkan web kami dan mohon kunjungi http://rakafm889.co.cc

71. Nurjay _ GIS FM 10.78 MHz - September 16, 2008

Salam hangat dari Jogja…
kami merupakan salah satu pengelola radio komunitas di Jogja..

Radio GIS FM (Giri Indah Swara) 107.8 MHz
Radio Pendidikan dan Budaya

Berdiri tgl 22 Februari 2008…sbg media pembelajaran alternatif bagi program kejar paket/kesetaraan.
Utk melengapi literatur penyiaran mohon untuk dapat dibagi majalah/buletin/dsb. dari JRKI..trims..salam budaya…

72. dimas - September 25, 2008

gimana nih JRKI jatim kapan bisa ngumpul biar bisa share masalah Rakom semuanya, dari atas ampe bawah kayaknya lom ada tanggapan yah, kita satuin Visi misi kita. thx

73. Simen Hadi - Oktober 4, 2008

Hallo…kawan kawan pengelola Radio Komunitas se Indonesia

Salam kenal Dari :

Simen hadi (Pengelola Radio Komunitas STALLON FM)
Sumatera barat
e-mail : stallonfm@yahoo.co.id

Salam kompak buat semuanya
Gimana khabarnya…?
Masih Tetap Exist kan !? (masihnya dong…!)
semangat terus buat komunitasnya,Walaupun berbagai kendala yang kita hadapi dalam mengelola Radio Komunitas
Sekali mengudara tetaplah mengudara
Bagi teman teman yang rakomnya sudah off-air, ayo….. mengudara lagi !

* Buat JRKI

kirimin juga kami buletin JRKI

Berapa jumlah Rakom yang sudah punya izin,dan bagaimana dengan rakom yg belum mampu
mengurus perizinan karna masih banyaknya kendala ?

STALLON FM sudah jadi anggota JRKI kan ?,sehubungan sudah memasukkan data base dulunya.

Bagaimana kalau setiap anggota JRKI mempunyai kartu anggota

*Buat JRK SB

Sepertinya harus ada gerakan baru

74. RADIO MADUFM - Oktober 15, 2008

Salam.. Kami seluruh crew radio Madum campurdarat Tulungagung jawa Timur mengucapkan Mohon maaf lahir dan batin , ..

eh unutk temen temen yang ingin mengikuti acara Kajian dari madufm
bisa denegrin di http://kajian.radiomadufm.com:8550/listen.pls
atau di http://live.radiomadufm.com:8550/listen.pls

direkomendasi dengan winamp ver 5
Kunjungi ya http://www.radiomadufm.com

75. Fatah Yasin - Oktober 30, 2008

Perkenalkan Radio kami : MTA FM 107,9 MHz.
Ikuti siaran live streaming kami melalui http://www.mta-online.com.
Terutama pada jam (06.00-07.00)wib, jam (14.00wib-selesai) dan jam 19.30 wib-selesai.
Dan masih banyak acara lain yang bisa dinikmati.

76. Rege fachrizal - November 15, 2008

bagaimana caranya bisa bergabung dengan jrki?
radio komunitas suara biring kota makassar
regebirkot@yahoo.com

77. ksbfm - November 27, 2008

KSBFM KASEMBON MALANG
Salam hangat untuk semua rakom indonesia. kami akan berbagi pengalaman dalam pengelolaan radio komunitas .untuk rekan-rekan yang baru mendirikan radio komunitas dari crew kami siap membantu manajemen radio maupun dalam hal tehnik pemancar.

salam
dobrak
hp.081333678588
email ; dobrak_ksbfm.co.id
http ://ksbfm.blogspot.com

78. STALLON FM - November 29, 2008

Kepada pengurus,anggota JRK SB (sumatera Barat)
Bagaimana kabarnya ?.
Apa akan seperti ini JRK SB untuk selamanya,tanpa adanya kegiatan kegiatan.
Dari pada fakum,saya punya usul
Bagaimana kalau diadakan lagi semacam “pembaharuan”.
Yang penting JRK SB bisa aktif lagi
Masih banyak Rakom di sumbar kok yang exsist
percuma dong usaha pembentukan JRK SB dulunya
kalau akhirnya fakum.
Ayo………….. bangkit……… lagi pengurus & anggota JRKSB

by STALLON FM

Thanks

79. Mutsaqqoful Radio-Cibinong, Bogor - Desember 4, 2008

Radio Komunitas FM, alokasi frekuensi dapat dilihat di KM.15/dephub/2002 tentang masterplan radio siaran, baca deh tatacaranya . Spektrum Frekuensi Radio adalah sumber daya alam yang sangat terbatas, dan perambatannya tidak mengenal batas suatu wilayah/negara untuk itu penggunaannnya harus diatur oleh pemerintah selaku administrasi badan PBB ITU (internasional telecomunication union) agar pemanfaatannya dapat sesuai dengan peruntukannya dan dalam penggunaannya harus menghindari gangguan radio yang merugikan dan membahayakan jiwa dan keamanan negara., demikian sekedar sharing pendapat, salam dari saya, tks

80. urip - Januari 4, 2009

KAMI DARI RADIO MOEDIKALFM 107.7 MHz SEBAGAI RADIO KOMUNITAS DI WILAYAH KOTA PEKALONGAN. BLOG : MOEDIKALFM1077.BLOGSPOT.COM, EMAIL : MOEDIKALFM@TELKOM.NET. MOHON BISA BERBAGI DENGAN KAMI

81. Moh. Badaruddin Hadi - Januari 9, 2009

Perkenalkan kami :
Radio Baiturrahman FM 107.4 Mhz, Batam. Kepulauan Riau.
Pimpinan : H. Edward Hasbullah 08127004613, Kepala Studio : Moh. Badaruddin Hadi 081364715451, Sie Dakwah : Muhsan 081536924480, Pemasaran : Ruhul Jihad 081364730336, Teknisi : Arifin 085977851657, Humas : Ita 081372290245. Penyiar : Nama – nama yang tersebut tadi.
Dalam daftar JRKI, kami belum melihat JRKI Kepulauan Riau.

82. cimenk - Januari 15, 2009

salam juang!!!!!!!
bagi teman teman rakom sulteng, klo pnya jaringan tlng kontan saya donk!

83. dobrak - Februari 20, 2009

salam sejahtera

selamat untuk JRK jatim yang akan melaksanakan musda ke 2 semoga succes dan ada manfaatnya

http://ksbfm.blogspot.com

http://ksbfm.multiply.com

salam

dobrak ksbfm

84. dobrak - Februari 20, 2009

salam sejahtera

selamat untuk jrk jatim yang akan melaksanakan musda 2 semoga berjalan lancar succes dan ada manfaatnya

http://ksbfm.blogspot.com

http://ksbfm.multiply.com

salam

dobrak ksbfm

85. Aceng Romjan - Februari 23, 2009

mas en bung , sy berencana untuk mendirikan radio komunitas untuk daerah kota tasikmalaya, jawa barat,
klau boleh tau apa aja sih yang harus di siapkan untuk perijinan mendirikan radio komunitas

86. STALLON FM - Maret 2, 2009

Kepada Bapak/Ibu Pengurus JRKI

Untuk wilayah Sumatera Barat Rakom mana saja yang sudah terdaftar di DATABASE JRKI ?.
Aku lihat di http://www.jrki.or.id kok cuma satu yang ada databasenya.
Mohon informasinya ke stallonfm@yahoo.co.id

Teman teman pengelola Rakom
mari kita saling berbagi informasi di sini…!
http://www.jrki.wordpress.com atau di mailinglist jrki_ngobrol@yahoogroups.com
salah satu wadah bagi kita untuk saling berbagi ya… via internet,karna jarak kita yang saling berjauhan.

Ayo semangat terus…, maju terus…,hidup Radio komunitas…!
Ingat…
Bersatu kita teguh,Bercerai kita runtuh !

Salam kompak buat semuanya
STALLON FM

87. Ludovikus - Maret 5, 2009

Saya ingin menanyakan kepada rekan-rekan pengurus JRKI, apakah memiliki pengurus caban di NTT? Kalau ada, di mana alamatnya termasuk alamat e-mailnya. Bersama dengan teman-teman, saya ingin membangun radio komunitas sebagai sarana pembinaan umat yang saya layani. Terima kasih. Sukses untuk perjuangan menegakkan hak semua warga negara mendapatkan informasi. Salam, Ludovikus (Ruteng, Flores, NTT).

88. MR MOHAMED ADAMAH. - Maret 23, 2009

Dear Friend,

It is my sincere pleasure at this moment to exhibit my total trust bestowed on you in accordance to my Proposed partnership relationship with you of which I am fully convinced that you will really welcome my partnership with you in this transaction Being very skeptical about dealing with People in such transaction, Ranging from the height of fraudulent activities encompassing the world.

Now it is my Godly nursed intention to prove myself to you that I am very much different from others which you must have come across. I hereby attested my accepted conclusion to take upon my gentle self and to join hands together to cover any unforseen expenses that may be involved here till the Final Transfer of the Funds to our Correspondent Bank before its Final remmittance into your Nominated Bank Account.

This is to convince you of my spirited acceptance to have you as a confidant in a business of this magnitude knowing that you will not turn me down come-what-may, regarding this Claim/Transfer to boost my planned establishment of a funding Company out of Africa.

In other Words,I went into a more concrete arrangement in couriering to your doorstep, a total of US$8.5million through INTER-BANK TRANSFER.This amount of Money belongs to our Deceased Customer as there was no claims over this Dormant Balance Account for a period of many Years.

Therefore,i am in need of a Reliable Partner that would come forward to put claims over the Funds for its Transfer into his/her Foreign Bank Account. This is beacuse i am the Director of Foreign Remmittance Department of my Bank BOA for secure Transfer of this Funds without any Hinderances.

All I am expecting from you, as a matter of greatest urgency and importance is your sincerity and Honesty as i have some of the Needed Legal Documents to prove that this Business is Lawful for its onward Remmittance. I urgently want you to send all the demanded Personal Informations below to me as soon as you receive this PROPOSAL inorder to show your readiness and Willingness in this Proposed Business.

BELOW ARE THE NEEDED PERSONAL INFORMATIONS
1) Your Full Name………………………..
2) Your Age………………………………….
3) Your Mobile and Home Phone Number…………..
4) Your Fax Number…………………..
5) Your Country Of Nationality………………………….
.6) Your Occupation………………………..
7) Sex…………………………………………
8) ALTERNATIVE E-MAIL ADDRESS /

Finally,you have to keep this Proposal confidential and secret from your Relations,Partners and Colleaques for our success in this Transaction as the basis of this Business is Secrecy.I promise you that i would protect your Personal Interest as this Business is 100% risk-free.Therefore,i want you to express your interest to engage in this Business with me because your share is 40% of the Funds in Question so that i can send to you the TEXT OF APPLICATION which you have to Fill and send to the E-mail Address of the Bank.

You have to asure me that you will not sit on this fund as soon as it hits your bank account and that you will not betray me in this transaction

I look forward for your immediate Positive response.

Best regards,
MR MOHAMED ADAMAH.
pls reply to this address moh_adamah@yahoo.fr

URGENT POSITIVE RESPONSE IS NEEDED.

89. amsar - Maret 28, 2009

dimana saya bisa berhubungan online untuk tanya jawab seputar gis, kirim ke email ya situs/ alamat yang bisa saya hubungi;
moch_amsar@yahoo.co.id

90. azis - April 11, 2009

kalo mo ngurus izin (tanpa calo) radio komunitas untuk wilayah depok kemana ya ?

91. azis - April 17, 2009

Halo kawan2 kasih tau dong kalau mo ngurus izin radio komunitas untuk wilayah kota depok (jabar) dimana ya ?

92. hilmi - April 24, 2009

ass…
salam kenal dr RAKOM STPP BOGOR…status ijin masih proses. ikutan gabung u/ pengemb. rakom ditempat saya. Soalnya kapabilitas ttg radio masih baru and ngeraba. biar gak mandek ide dan kreatifitas sayang bgt ma fasilitasnya…sharing ya…

93. hilmi - April 24, 2009

qt dah urus perijinan sejak thn 2007, step terakhir berkas sudah lengkap, dengar pdpt positif, dah dpt srt layak, dah didatengin litbangnya…katanya sih dah tgl terbit ijinnya…cros cek terbit ijin tunggu aja…sampe kapan yach…

94. abdul ahmad - Mei 1, 2009

jrki kok ndak pernah menjawab pertanyaan disini
gimana sich…!

95. illethy - Mei 23, 2009

ehh… thank you

96. Qisthi-URM eSKa UPI - Juni 4, 2009

skarang radio komunitas kampus d Bandung mulai mau bergerak lagi…
doakan kami y!!!
tanggal 11 Juli 2009 kami akan mengadakan Ghatering d UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)…..
insyaALLAH kami akan membentuk Forum Radio Komunitas Kampus Bandung….

97. syafei hm - Juni 11, 2009

cape dach… pada ga’ jawab w….

98. extextdic - September 21, 2009

Hi there!
I would like to burn a theme at this forum. There is such a nicey, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of ponzy-like structure, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

For several years , I earn money with the help of these programs.
I’m with no money problems now, but there are heights that must be conquered . I get now up to 2G a day , and I started with funny 500 bucks.
Right now, I’m very close at catching at last a guaranteed variant to make a sharp rise . Visit my web site to get additional info.

http://www.theblogmoney.com

99. ipung - Oktober 21, 2009

halo….,
salam kenal buat temen2 radkom sama pengurus JRKI……,ikutan gabung dunk……kita lagi ngebangun radio kampus nieh, cuma tinggal ngurusin perijinan, bisa minta masukannya, cos masih buta banget nieh……..

deny - April 26, 2010

insinyur tapi gak ngerti aturan ya? mana ada radio komunitas harus urusan dengan PRRSSNI, kebangetan deh…. apalagi sampe bilang komunitas brengsek, siapa yang lebih brengsek?

100. Ir. Djoko Hidayat - Desember 16, 2009

kepengurusan radio swasta di indonesia khusus nya freqwensi FM sangat kacau. tidak seperti sebelum tahun 1997. betapa semberawut nya radio komunitas tanpa ijin bisa mengudara se’enaknya. dengan jam siaran se’enaknya. mengganggu masjid dan tetangga bocoran pemancar dan sangat tidak menghargai peraturan dari PRSSNI. mohon di sweeping saja semua pemancar2 tanpa ijin ini semua termasuk yang namanya komunitas brengsek

101. Ir. Djoko Hidayat. - Desember 16, 2009

kepengurusan radio swasta di indonesia khusus nya freqwensi FM sangat kacau. tidak seperti sebelum tahun 1997. betapa semberawut nya radio komunitas tanpa ijin bisa mengudara se’enaknya. dengan jam siaran se’enaknya. mengganggu masjid dan tetangga bocoran pemancar dan sangat tidak menghargai peraturan dari PRSSNI. mohon di sweeping saja semua pemancar2 tanpa ijin ini semua termasuk yang namanya komunitas brengsek.

102. padangsagofm - Desember 25, 2009

JRKI silaturahmi ke Padang dong, selama bencana gempa bumi di daerah kami, JRKI tidak kelihatan batang hidungnya….

103. swarakonawe 104,5 Fm - Januari 11, 2010

Salam Kenal, kami dari radio Swra Konawe Fm, Kab. Konawe Sultra. Berdiri 7 bulan yang lalu. Lagi ngurus perijinan. Tolong sarannya..

104. eddy santoso - Januari 30, 2010

Eddy ewonk-P.Bun 30 Januari 2010

Ass. kenalkan ewonk dari yayasan orangutan indonesia mau tanya:
1. Bagaimana dan apa saja syarat membuat radio komunitas?
2. Alatnya dan semuanya biasanya perlu dana berapa, bisa siar?
3. Jangkauan 300 watt berapa kilo ya?

itu aja dulu. Salam kenal untuk temen-temen radkom dan pengurus JRKI

eddy
manajer edukasi yayorin
email: esasaba@yahoo.co.id

105. kiki rahmat - Februari 5, 2010

salam kenal buat teman2 radkom,
Berapa harga perizinan untuk mendirkan radio FM swasta, dan melalui departemen infokom atau perizinan lainnya. tolong berikabar masukannya

106. willy - Februari 21, 2010

Numpang Iklan

Bagi rekan rekan yang memerlukan studio mic kami menyedikan Boom microphone, yang flexible silahkan kunjungi web site kami :

http://www.avicomradio.com/3ghamaccec.htm

Thanks n rgds
willy

107. PRAST ITEM - Maret 4, 2010

salam sayang semuanya dari kami WD RADIO
THE REAL MUSIC STATION

108. brawijaya - Maret 17, 2010

salam buat para rakom ………sekarang radio radio swasta kalah bersaing dengan radio komunitas local . dari persaingan itu timbul trik mencari kelemahan radio komunitas dan isu isu terpenting mulai ijin dan alasan menganggu lah………….

109. miftah - Maret 24, 2010

piye toh nasib UN ?

apa menjamin dg UN siswa lulus dg predikat dpt kerjaan/kompeten

110. prima fm - Maret 24, 2010

kami dari radio komunitas pima fm yang berada di wilayah gresik,
salam kenal dan salam persaudaraan untuk dulur-dulur semuanya

111. radiomadufm - April 6, 2010

salam sobat sobat dari kami radio suara madu menos fm tulungagung jawa timur bagaimana kabrnya

112. andi - April 25, 2010

bagaiman caranya bergabung menjadi anggota JRKI, soalnya aku blank banget mohon bantuannya buat rekan rekan radkom yang ada di jawa timur n kirim lewat email ku n terima kasih atas bantuannya

113. andi - April 25, 2010

kita dari radkom garuda fm yg ada di besuki-situbondo bagaimana caranya bergabung menjadi anggota JRKI, soalnya aku blank banget mohon bantuannya buat rekan rekan radkom yang ada di jawa timur n kirim lewat email ku n terima kasih atas bantuannya

diestakayu@yahoo.co.id

114. deny - April 26, 2010

bravo radio komunitas……………bersatu kita teguh,bercerai kita runtuh….ayo dirikan radio komunitas sebanyak-banyak nya

115. ahe - Mei 10, 2010

disisni baru berdiri Radio Suara Pendidikan milik lembaga Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Ulum…
Permasalahan’a…
sahabat semua da yang pnya contoh proposal perijinan’a g…???
blh g nich minta dbntuin…????
do’ain za smoga ttp on truz….demi pendidikan yang makin modern ni…

116. RAKOM K FM Magelang - Mei 18, 2010

diperjelas aturannya per JRK wilayah

117. Flash Radio - September 6, 2010

salam hangat untuk radio komunitas seluruh indonesia dari Flash Radio 107.9 – Radio Komunitas Mahasiswa UNTIRTA.

Maju terus Radio KOmunitas Indonesia dan JRKI

Saran Untuk JRKI : tolong adakan temu akbar antar radio komunitas se- Indonesia, kami siap untuk memfasilitasi.

118. Murti Kencana FM - Oktober 28, 2010

“Jaya terus Radio Komunitas Indonesia”
betul itu perlu diadakan pertemuan akbar antar radio komunitas ,biar tau seberapa besar kita punya kekuatan ‘ jangan lupa lo !! kalau ada acara undang kita ya !! salam sejahtera dari : “Murti Kencana FM”
radio komunitas dari sleman barat.

119. rahadi soedibjo - November 4, 2010

SAYA SARANKAN JANGAN PESAN PEMANCAR KE BERNAMA : IR.ISKIRMANTO . ALAMAT Jalan Pahlawan, Gg. Dukuh 2 No. 3 Magelang. TELP +62-888-291-9656, +62-812-271-9656 .
ITU PENIPU BESAR. NAMA INSIYUR DARI MANA??? BANYAK PESANAN BERMASALAH SAMPAI KASUS DIPIDANAKAN DI POLRES MALANG. MANA BANYAK HUTANG KE TOKO KOMPONEN SURABAYA KE PAK BUDI.
OIII… ISKIRMANTO BAJINGAN…KEMBALIKAN UANG 450JT KE RADIO AM PASURUAN. KE PAK DARWIS. KLO TIDAK KAMU SAYA PENJARA

120. Silfester Tebai -31-12-2010 - Desember 31, 2010

RADIO FM SUARA KAIDO adalah Radio Komunitas yang berada di daerah Pedalaman Papua yakni di Kabupaten Dogiyai yang masih terbatas baik dana dan fasilitas membutuhkan dukungan semua pihak agar masyarakat bisa memperoleh informasi dengan mudah dan cepat. Kontak Person: 081344623090, email:silfestert@yahoo.co.id

121. radio kalimantan - April 16, 2011

awas pesan pemancar sama beben penipu ulung saya dari kalimantan pernah di tipu pesan antena 6 bay


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: